Kenali Gejala Virus MERS

by
July 17th, 2013 at 3:33 pm

CiriCara.com – Virus Corona MERS (Middle East respiratory syndrome coronavirus) muncul di semenanjung Arab pada September 2012 dan merupakan anggota keluarga virus yang meliputi flu biasa dan SARS (sindrom pernapasan akut parah).

Ilustrasi gejala virus MERS - Sheknows

Ilustrasi gejala virus MERS – Sheknows

Namun, virus tersebut dikabarkan semakin menyebar di Timur Tengah dan menghambat jalannya ibadah haji pada Oktober 2013 mendatang. Untuk itu, para pejabat Arab Saudi menghimbau calon jemaah untuk menjaga kesehatan pribadi sesuai standar, menutup hidung dan mulut dengan tisu ketika bersin, dan memperoleh vaksinasi.

Lalu, apa sebenarnya virus MERS itu?

MERS-CoV merupakan anggota keluarga coronavirus yang sama dengan SARS coronavirus, tapi lebih mematikan. SARS-CoV menyebabkan rata-rata kematian 10%, sedangkan rata-rata MERS-CoV mencapai 50%.

Virus ini pertama kali diidentifikasi pada pasien dewasa pria yang memiliki gejala menyerupai SARS. Malangnya, pasien ini meninggal pada Juni 2012. Hingga saat ini, infeksi MERS-CoV dilaporkan terjadi di Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Tunisia, Jordan, Inggris, Jerman, Perancis, dan Italia.

Dikarenakan Oktober mendatang jutaan umat muslim dari seluruh dunia akan menunaikkan ibadah haji, para pejabat kesehatan di Arab Saudi meminta jemaah haji memakai masker di keramaian untuk mencegah penyebaran virus korona MERS atau MERS-CoV.

Dilansir dari Health.Detik.com, dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, Praktisi klinis dari FKUI-RSCM mengatakan bahwa virus corona ini berbahaya dan gejalanya sulit dibedakan dari flu biasa. Kenapa begitu?

Dirinya menjelaskan bahwa virus corona ini sangat berbahaya karena bisa menular dari orang ke orang, serta tingkat mortalitasnya tinggi. Gejala virus ini mirip dengan flu biasa, namun penyebarannya lebih cepat ke paru sehingga menyebabkan infeksi saluran pernapasan bawah atau pneumonia, serta radang paru.

Pencegahan virus MERS di Arab - Antara

Pencegahan virus MERS di Arab – Antara

Berikut gejala MERS-CoV:

1. Demam

2. Sakit dada

3. Napas pendek

4. Lemah

5. Batuk dan bersin

6. Diare (tidak ditemukan di semua kasus)

7. Gagal ginjal

8. Pneumonia

Orang-orang yang mudah terinfeksi virus mematikan ini adalah mereka yang kekebalan tubuhnya rendah, seperti orang yang sedang sakit, lansia, anak kecil, orang yang sedang kelelahan, dalam perjalanan, dan makan tidak teratur.

Dilansir dari Helath.Kompas.com dari Medical News Today, WHO (Badan Organisasi Kesehatan Dunia) mengatakan bahwa walaupun mematikan, namun virus ini sulit berpindah antarmanusia. Dugaan sementara, virus MERS menyebar melalui udara.

Untuk mencegahnya, khusunya bagi jemaah yang akan menunaikkan ibadah haji ke Tanah Suci sebaiknya menggunakan masker dan sering-sering mencucui tangan. (NR)

Comment di sini