Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub 2013 Mulai Dibuka

by
July 17th, 2013 at 10:08 am

Jakarta (CiriCara.com) – Untuk mengantisipasi membludaknya pemudik dengan sepeda motor pada Hari Raya Lebaran tahun 2013 ini, maka Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ikut serta mengadakan program mudik gratis.

Ist.

Ist.

Program mudik gratis ini ditujukan bagi para pengendara motor yang akan pulang kampung di luar Jakarta guna merayakan Lebaran dengan keluarga mereka masing-masing.

Diberitakan oleh Tempo.co, pendaftaran mudik gratis yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub dibuka dari kemarin, 16 Juli 2013 hingga 30 Juli 2013 mulai dari hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 sampai pukul 15.00 WIB.

Untuk program mudik gratis ini, Kemnehub menargetkan 12 kota tujuan antara lain Lampung, Yogyakarta, Kebumen, Wonosobo, Solo, Purwokerto, Cirebon, Magelang, Tegal, Tasikmalaya, dan Cilacap.

Dalam melaksanakan program mudik gratis tersebut, ada 35 truk dan 70 bus yang dioperasikan. 35 truk tersebut diperkirakan dapat mengangkut 1.800 sepeda motor sedangkan 70 bus diharapkan bisa mengangkut 3.600 penumpang.

Namun, dalam rangka mengikuti mudik gratis dari Kemenhub ini, para pemotor harus mengikuti syarat teknis dan administratif.

Syarat administratif adalah pemotor memiliki STNK, SIM yang sesuai dengan yang bersangkutan ditambah KTP untuk pembonceng. Syarat itu difotokopi 2 lembar dan diserahkan ke bagian pendaftaran mudik gratis di Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Sedangkan syarat teknis antara lain:

1. Motor tidak boleh dimodifikasi atau ada asesoris tambahan.
2. Kaca spion wajib dilepas dan dibawa pemilik.
3. Jumlah helm sesuai kebutuhan dibawa pemilik.
4. Motor harus ada standar tengah dan pegangan belakang.
5. Bensin sepeda motor harus dikosongkan saat motor diserahkan. Pemudik akan mendapatkan jatah bensin 1 liter setibanya di tempat tujuan, gratis.
6. Kunci sepeda motor diserahkan ke petugas Kemenhub.

Jadwal penyerahan sepeda motor, pemberangkatan sepeda motor, dan penumpang dengan bus dilakukan secara terpisah di Depo E Klender PPD, Jalan Raya Bekasi Timur KM 17, Klender, Jakarta Timur.

Pemudik dengan kota tujuan Lampung, Yogyakarta, Kebumen, Wonosobo, Wonogiri, Solo, dan Purwokerto, penyerahan sepeda motor dilakukan pada 1 Agustus 2013 mendatang.

Pemberangkatan truk dan bus masing-masing dilaksanakan pada 2 Agustus dan 3 Agustus 2013 lalu serah-terima sepeda motor dilakukan pada 4 Agustus 2013 di dinas perhubungan setiap kota.

Pemudik dengan kota tujuan Cirebon, Magelang, Tegal, Tasikmalaya, dan Cilacap, penyerahan sepeda motor dilakukan pada 3 Agustus 2013. Truk akan diberangkatkan pada 4 Agustus 2013 sementara bus diberangkatkan pada 5 Agustus 2013. Serah-terima sepeda motor dilakukan pada 6 Agustus 2013 di dinas perhubungan setiap kota. (RN)

Comment di sini