Virus MERS Merebak, Saudi Sarankan Pembatalan Ibadah Haji

by
July 17th, 2013 at 1:53 pm

Mekah (CiriCara.com) – Virus MERS–CoV (Middle East respiratory syndrome coronavirus) yang dikabarkan semakin menyebar di Timur Tengah bisa menghambat jalannya ibadah haji tahun 2013.

Dua orang warga Saudi mengenakan masker -ABCNews

Dua orang warga Saudi mengenakan masker -ABCNews

Pemerintah Arab Saudi telah resmi menghimbau para calon jamaah haji untuk lebih waspada terhadap virus ini. Bahkan, calon jamaah haji yang termasuk golongan rentan terinfeksi virus yang biasa disebut dengan MERS saja ini disarankan untuk membatalkan rencana kepergian mereka ke Tanah Suci.

Bagi mereka yang tetap menjalankan rukun Islam ke-5 itu, penggunaan masker diwajibkan selama berada di Arab Saudi guna melindungi sekitar 2 juta jiwa yang diperkirakan akan datang tahun ini.

Menteri kesehatan Arab Saudi  Abdullah Al Rabiah mengungkapkan virus MERS mudah menyerang wanita hamil, anak-anak, manula, dan penderita penyakit kronis seperti diabetes, jantung, ginjal, dan pernapasan.

Seperti dilansir Gulf News, hingga kini dari 81 orang di Timur Tengah yang terinfeksi virus MERS, 45 orang dilaporkan telah meninggal, 38 di antaranya merupakan penduduk Arab Saudi.

World Health Organization (WHO) sendiri telah menerbitkan peringatan bahwa virus MERS bisa menjadi wabah global.

Peneliti belum mengetahui penyebab penyebaran virus yang menyerang sistem pernapasan ini. Namun virus MERS lebih ganas daripada SARS karena penderita juga bisa mengalami gagal ginjal.

Dugaan sementara, virus MERS menyebar lewat udara. Gejala penderita virus MERS meilputi flu, batuk-batuk, dan sesak napas.

(hp)

Comment di sini