Dahlan Iskan Nasihati Ustadz Yusuf Mansur Soal Bisnis

by
July 18th, 2013 at 3:42 pm

Jakarta (CiriCara.com)Ustadz Yusuf Mansur yang terkenal dengan dakwah tentang sedekah dikabarkan tengah menutup sementara pendaftaran bisnis ‘mimpi’ miliknya.

ustadz yusuf mansur

ustadz yusuf mansur

Saran penutupan sementara bisnis ini disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan.

Dahlan mengaku memberi saran supaya Ustadz Yusuf menutup sementara bisnisnya karena terlalu dipersoalkan orang. Dahlan menyarankan agar Ustadz Yusuf mengikuti aturan pemerintah meskipun bisnis yang ia jalankan berangkat dari sedekah.

“Saya mendengar ini dipersoalkan orang. Karena ini sedekah. Biarpun dipercaya, menurut aturan pemerintah harus tetap ada legalnya. Menurut OJK, itu harus dikontrol,” katanya kepada sumber berita, Detik.com, Kamis, 18 Juli 2013.

Dahlan juga menyarankan kepada Yusuf agar membuat lembaga khusus yang bisa mengelola dana investasi para umat dan juga sedekah.

Meski menyarankan Ustadz Yusuf untuk menutup sementara bisnisnya namun ia memuji ide sang ustadz yang mengelola dana umat yang diinvestasikan ke usaha-usaha yang produktif dan bisa memberi manfaat tinggi bagi umat.

Ide bisnis ‘mimpi’ Ustadz Yusuf dimulai saat ia merasa prihatin dengan kondisi bisnis dan Sumber Daya Alam (SDA)  di Indonesia yang dikuasai oleh swasta dan asing. Karena hal ini, maka Yusuf Mansur mempunyai ide untuk mendirikan bisnis yang dianggap mampu mengembalikan aset Indonesia dari tangan kapitalis.

Hanya dalam waktu dua minggu para umat yang setuju dengan ide Yusuf Mansur menyumbang dana hingaa Rp. 800 juta. Uang yang terkumpul semakin banyak dan akhirnya ia investasikan untuk membeli hotel dan apartemen.

Ide bisnis ini terus berkembang bahkan ia berencana membeli ladang minyak di Kazakhstan senilai Rp. 1 triliun. Untuk mewujudkannya maka ia membuka pendaftaran baru dengan target peserta 15.000 orang dengan investasi minimal Rp. 12 juta per orang.

Ternyata ide ini tidak berjalan mulus karena sejumlah pihak menilai ide bisnis yang bernama Patungan Usaha tersebut adalah bisnis ilegal. (RN)

Comment di sini