Hati-hati! Uang Palsu Banyak Beredar Selama Ramadan

by
July 18th, 2013 at 9:47 am
Uang Palsu - Ist

Uang Palsu – Ist

Jakarta (CiriCara.com) – Polisi mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati lagi dalam bertransaksi selama bulan Ramadan. Hal ini dikarenakan maraknya peredaran uang palsu yang mulai ditemukan oleh pihak polisi.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto, para pelaku penyebaran uang palsu itu umumnya mengincar pedagang kecil. Pasalnya kebanyakan pedagang kecil masih kurang teliti terutama dalam melakukan pengecekan keaslian uang.

“Modusnya membeli barang dan mendapatkan kembalian,” kata Rikwanto, seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (18/7/2013).

Rikwanto menduga, pelaku penyebaran uang palsu itu masih belum profesional. Kebanyakan uang palsu yang beredar dicetak dengan menggunakan alat biasa, seperti scanner atau mesin fotokopi berwarna sehingga mirip dengan yang asli.

Meskipun mirip dengan uang asli, lanjut Rikwanto, uang palsu itu masih mempunyai beberapa perbedaan. Karenanya, para pedagang dan pembeli diminta untuk lebih teliti lagi agar tidak tertipu oleh uang palsu tersebut.

“Kertas cepat rusak. Kalau diamati jelas ini tidak asli,” kata Rikwanto.

Baca juga: Cara Mengenali Uang Asli dan Uang Palsu

Rikwanto mengimbau agar para pedagang kecil dan pembeli untuk lebih waspada. Biasakan untuk melakukan pengecekan 3D (diraba, dilihat, dan diterawang) sebelum bertransaksi. Rikwanto juga meminta partisipasi masyarakat dalam memberantas uang palsu tersebut.

“Jadi kalau tahu (ada uang palsu) jangan diedarkan lagi tapi dilaporkan,” tegas Rikwanto.

(YG)

Comment di sini