Rebutan Lahan, Pengemis Ancam Bunuh Rekannya

by
July 18th, 2013 at 1:33 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Jumlah pengemis di Ibukota biasanya akan semakin menjamur pada bulan Ramadan. Fenomena yang sama bisa terlihat di sekitar Masjid Istiqlal, Jakarta.

Ilustrasi pengemis di sekitar Masjid Istiqlal / Republika

Ilustrasi pengemis di sekitar Masjid Istiqlal / Republika

Fakta mengejutkan datang dari profesi yang digeluti oleh pengemis. Meski profesi mereka terlihat gampang dan sepele, ternyata ada persaingan sengit yang sering terjadi didalamnya.

Persaingan tersebut terjadi karena perebutan “lahan” mengemis. Tak jarang para pengemis senior suka mengintimidasi para pengemis baru. Pengemis yang merasa paling lama di sebuah lahan akan melakukan segala cara agar para pengemis lainnya tidak merebut lahannya.

Hal itulah yang dialami oleh para pengemis Masjid Istiqlal. Di tengah ketenangan bulan Ramadan yang bisa dirasakan di dalam masjid, para pengemis justru saling cekcok soal lahan dan pendapatan yang mereka peroleh dari para jemaah pemberi sedekah.

Seorang ibu paruh baya yang berprofesi sebagai pengemis mengaku sering mendapat ancaman dari seorang senior di lokasi yang sama tempat ia mengemis.

Dilansir dari Merdeka.com, Ibu berumur 40 tahun bernama Atika itu sering bertengkar dengan wanita pengemis lainnya yang dijuluki Mama Zahra. Wanita yang lebih tua darinya itu ditengarai sering mengintimidasinya. Tak jarang juga ia mengambil jatah pengemis lain hingga mencuri barang-barang yang ada di masjid.

Atika bercerita bahwa rekan seprofesinya itu sering bertengkar dengan para office boy dan penjaga hanya untuk memperebutkan barang-barang sepele.

Atika bahkan pernah mencakar muka Mama Zahra karena seseorang memberitahunya telah menjadi suruhan wanita itu untuk membunuhnya.

“Dia kasih orang gila uang Rp 100.000 buat bunuh saya. Orang gilanya ngaku sama saya, untung enggak jadi bunuh saya. Saya samperin dia, saya cakar mukanya sampai beset-beset,” kata Atika kepada sumber berita.

Sang Mama Zahra, wanita yang mengaku sebagai sesepuh di kalangan pengemis Masjid Istiqlal juga sering menipu pengemis lainnya demi kepentingan pribadi.

Tingkah laku para pengemis di lingkungan Masjid Istiqlal itu mencerminkan bahwa rasa iba yang seringkali dimiliki oleh para jemaah justru dimanfaatkan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab seperti pengemis musiman tersebut. Bahkan tak jarang, mereka justru menjadikannya sebagai profesi.

Petugas Masjid Istiqlal dan Satpol PP sudah berulang kali bekerja sama dan mengadakan razia untuk mengatasi para pengemis tersebut namun mereka seakan tak pernah jera dan tetap kembali ke lokasi yang sama untuk kembali mengemis. (RN)

Comment di sini