Utang Negara Ribuan Triliun, Indonesia Nyaris Bangkrut

by
July 18th, 2013 at 11:24 am
utang indonesia 2013

utang indonesia meningkat di tahun 2013 – Ist.

Jakarta (CiriCara.com) – Berapa utang negara Indonesia tercinta saat ini?

Meski pendapatan Warga Negara Indonesia (WNI) rata-rata bertambah pada beberapa tahun terakhir ini namun rupanya utang Indonesia terus menumpuk.

Diberitakan oleh Merdeka.com, menurut LSM Forum Indonesia Untuk Trasparasi Anggaran (FITRA) pada bulan Mei 2013 ini, utang Indonesia mencapai Rp. 2.036 triliun. Padahal pada bulan Desember 2012 lalu, utang Indonesia masih berkisar di angka 1.000 triliun lebih.

Ucok Sky Khadafi selaku Direktur Investigasi dan Advokasi FITRA berani menduga dengan utang sebesar itu maka Indonesia sedang berada di ambang kebangkrutan.

Menurutnya, utang yang menumpuk diikuti dengan aset negara yang hilang dan cadangan devisa yang berkurang, Indonesia dipastikan akan mengalami kelumpuhan ekonomi jika tidak segera diatasi dengan langkah yang cepat dan tepat.

Ucok menambahkan cadangan devisa Indonesia yang bernilai USD 112,8 miliar pada akhir bulan Desember 2012 sudah merosot menjadi USD 98,1 miliar pada bulan Juni 2013 ini.

Selain tiga gejala di atas, Indonesia bisa dinyatakan bangkrut saat pemerintah tidak bisa lagi mengendalikan harga-harga kebutuhan pokok masyarakat yang terus merangkak naik dan tidak lagi mampu membayar gaji para aparat negara.

Dengan utang sebesar ini, sekitar 250 juta Warga Negara Indonesia dipastikan menanggung beban utang negara Rp. 8,5 juta per jiwa. Utang sebesar ini kemungkinan besar bertambah jika tidak ada langkah konkrit dari pemerintah untuk mengatasinya. (RN)

Comment di sini