Cara Memulai Bisnis Saat Menjadi Karyawan

by
July 19th, 2013 at 2:38 pm

CiriCara.com – Seseorang yang bekerja di suatu perusahaan terkadang memiliki pemikiran untuk membuka bisnis saja daripada bekerja dengan orang lain. Hal ini menjadi pemikiran banyak orang. Apakah Anda salah satunya?

Ilustrasi memulai bisnis - Ist

Ilustrasi memulai bisnis – Ist

Ketika ada ide untuk berbisnis, biasanya orang itu akan mulai mencari-cari bisnis apa yang bisa digeluti. Setelah menemukan ide itu dan siap menjalankan bisnis, mereka kerap kali berpikir untuk meninggalkan pekerjaannya saat ini. Jika hal tersebut menjadi pemikiran Anda juga, maka sebaiknya buang jauh-jauh.

Biarkan pekerjaan Anda saat ini terus berjalan dan jadikan ide bisnis itu sebagai pekerjaan sampingan saja. Ketahuilah bahwa pekerjaan yang Anda miliki saat ini bisa dijadikan batu loncatan untuk membangun bisnis baru.

Baca juga: Cara memulai bisnis di bidang fashion

Berikut cara memulai bisnis saat menjadi karyawan berikut ini yang dikutip dari Brazencareerist.com:

1. Mengubah pandangan

Mungkin Anda berpikir bahwa pekerjaan saat ini bisa menghambat jalannya bisnis nanti. Namun, pandangan atau pemikiran itu harus diubah. Anda perlu ingat bahwa pekerjaan saat ini merupakan pemasukan Anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pemasukan itu nantinya bisa Anda gunakan untuk menjalani bisnis yang diimpikan. Untuk itu, pergunakan setengah penghasilan untuk menjalani bisnis dan Anda harus tetap bersemangat menjalani pekerjaan.

2. Mengelola keuangan

Pebisnis yang sukses adalah mereka yang bisa mengelola keuangannya dengan baik. Untuk itu, Anda harus mengetahui dengan jelas segala hal yang berhubungan dengan finansial. Misalnya, bagaimana pemasukan, pengeluaran, aset, dan kredit yang dimiliki. Anda harus memikirkan hal ini dan mempelajarinya saat masih menjadi karyawan dan menerima penghasilan dari pekerjaan tersebut.

Sukses berbisnis - Ist

Sukses berbisnis – Ist

3. Manfaatkan waktu secara efektif

Mungkin Anda sudah tak sabar untuk memulai bisnis yang diimpikan. Tapi sebelum mewujudkan hal itu, Anda sudah harus memiliki rancangan waktu yang realistis sesuai strategi. Buatlah rancangan itu saat Anda masih menjadi karyawan dan Anda harus memanfaatkan watu secara efektif. Jika sudah matang, maka Anda baru bisa merealisasikan bisnis yang diimpikan itu.

4. Belajar dari banyak orang

Saat masih menjadi karyawan, Anda jadi bisa belajar dari banyak orang termasuk rekan kerja mengenai bisnis. Pelajari hal-hal bisnis dari mereka sebelum Anda memutuskan untuk keluar dari pekerjaan saat ini. Dengan begitu, Anda akan bisa mendapatkan ilmu untuk menyukseskan bisnis impian itu.

Itulah cara memulai bisnis saat menjadi karyawan. pastikan Anda tidak keluar dulu dari pekerjaan saat ini jika bisnis yang digeluti belum benar-benar sukses. Bagaimana, Anda mau memulai bisnis saat ini?

Baca juga: Cara cepat sukses dalam berbisnis

(NR)

Comment di sini