Heboh Kafe Berlambang Nazi di Bandung

by
July 19th, 2013 at 2:35 pm
Kafe Nazi Bandung, Soldatenkaffe

Kafe Nazi – BBC.co.uk

Bandung (CiriCara.com) – Sebuah kafe di Bandung, Jawa Barat membuat heboh sejumlah pihak karena memasang lambang Nazi. Tidak hanya itu, kafe bernama Soldatenkaffe itu juga memamerkan foto pimpinan Nazi, Adolf Hitler.

Kafe yang terletak di Paskal Hypersquare itu pun menjadi perhatian sejumlah media asing, seperti Guardian (Inggris) dan Huffingtonpost (Amerika Serikat). Kedua media itu pun langsung mengangkat isu itu menjadi sebuah berita.

Menurut kabar yang beredar, nama kafe bertema Nazi itu diambil dari nama kafe yang pernah ada di Paris pada zaman Perang Dunia ke II. Di dalam kafe itu juga terdapat bendera warna merah dengan logo Schutzstaffel (SS).

Karena dianggap menjadi isu serius, Pemerintah Kota Bandung pun memutuskan untuk menginvestigasi kafe tersebut. Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda kabarnya sudah memanggil pemilik kafe tersebut.

Untuk saat ini, pihak kepolisian hanya bisa melakukan pemantauan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Polisi khawatir akan adanya perlawanan dari warga sekitar karena isu Nazi tersebut.

“Saat ini kami terus melakukan langkah persuasif dan prefentif,” ujar Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Trunoyudo, seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat (19/7/2013).

Trunoyudo mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih menunggu laporan dari pihak Pemkot Bandung. Namun, sejumlah anggota polisi sudah mulai disiagakan untuk berpatroli guna melakukan pengawasan di kafe bertema Nazi itu.

Namun seperti diberitakan media asing, pemilik Soldatenkaffe yang bernama Mulyana menolak dirinya disebut sebagai seorang Nazi. Mulyana menjelaskan bahwa kafenya tersebut hanya mengusung tema Jerman sebagai salah satu caranya untuk berbisnis.

(YG)

Comment di sini