Kronologi Bentrok FPI dan Warga di Kendal

by
July 19th, 2013 at 9:08 am

Kendal (CiriCara.com) - Bentrokan antara ormas dengan warga kembali terjadi. Kali ini giliran warga Kendal yang bentrok dengan Front Pembela Islam (FPI) Temanggung, Kamis, 18 Juli 2013.

Ilustrasi FPI sedang berunjuk rasa

Ilustrasi FPI sedang berunjuk rasa / Tribunnews

Diberitakan oleh Kompas.com, bentrok tersebut terjadi dari peristiwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada  hari Rabu, 17 Juli 2013. Hari itu, massa FPI melakukan sweeping di area Sarem dan tempat hiburan lainnya di Kecamatan Sukorejo.

Massa FPI datang dengan menggunakan tiga buah mobil. Dalam aksi sweeping itu, lokalisasi dan tempat hiburan dirusak oleh FPI.

Karena tak terima, warga lalu melawan serta merusak satu buah mobil yang ditumpangi oleh FPI di Bundaran Sukorejo.

Ada dua orang anggota FPI yang mengalami luka ringan dalam insiden tersebut. Mereka sempat dibawa ke Polsek Patean, Kendal. Bentrok antar kedua kubu baru mereda sekitar pukul 17.30 WIB.

Kemudian, rombongan FPI kembali datang ke lokasi yang sama pada hari Kamis, 18 Juli 2013. Kedatangan mereka dikawal oleh para anggota polisi.

Warga kemudian berkumpul dan bersiap-siap di area Bundaran Sukorejo. Bentrokan tidak sempat terjadi karena FPI kemudian meninggalkan area Sukorejo. Namun saat meninggalkan daerah itu, anggota FPI sempat menabrak seorang ibu yang sedang memboncengkan anaknya hingga tewas.

Karena peristiwa tabrakan itu, warga mengejar penabrak dan membakar salah satu kendaraan yang ditumpangi massa FPI. Sedangkan beberapa anggota FPI masih berada di sebuah masjid di Sukorejo untuk melaksanakan salat. Akibatnya mereka ditahan di lokasi itu oleh warga selama beberapa jam.

Dalam mengatasi kerusuhan itu, ratusan anggota polisi dan TNI diturunkan. Akhirnya para anggota FPI bisa dievakuasi ke Polres Kendal sekitar pukul 17.30 WIB. (RN)

Comment di sini