Manfaat Makan Kurma Selama Ramadan

by
July 19th, 2013 at 11:23 am
Kurma untuk buka puasa - Ist

Kurma untuk buka puasa – Ist

CiriCara.com – Kurma merupakan salah satu buah yang paling dicari orang selama bulan Ramadan. Kurma mengandung karbohidrat, lemak, protein, air, dan mangan. Dalam 100 gram kurma terdapat energi sebesar 230 kcal yang sangat tepat disantap saat berbuka puasa.

Buah hitam manis ini juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dimakan pada saat berbuka puasa. Untuk itu, banyak orang yang mencarinya. Buah yang memiliki nama lain Phoenix deactylifera ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ahli gizi karena memiliki manfaat untuk tubuh.

Jadi, Anda tak usah ragu lagi untuk mengonsmsi buah kurma selama Ramadan. Lalu, apa saja manfaat buah kurma bagi tubuh? Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat makan kurma selama Ramadan:

1. Memberikan tenaga lebih cepat

Kelebihan kurmaadalah memiliki karbohidrat dengan indeks glikemik rendah. Hal ini membuat kurma bisa memberi tenaga lebih cepat tapi tidak membiuat yang memakannya lemah.

2. Menstabilkan gula darah

Buah kurma kaya akan gula alami seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang bisa menstabilkan gula darah. Selain itu, kandungan kalorinya juga rendah sehingga sangat tepau untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin megembalikan energi setelah berpuasa selama kurang lebih 13 jam.

Kurma - Ist

Kurma – Ist

3. Mencegah sembelit

Salah satu buah yang populer di dunia ini juga kaya akan serat sehingga bisa mencegah sembelit. Sembelit bisa saja dialami oleh orang yang sedang berpuasa jika tubuhnya kekurangan cairan dan serat. Selain bisa dimakan langsung, Anda juga bisa merendam kurma di dalam segelas air. Rendam kurma semalaman, lalu minum air dan makan kurmanya pada saat sahur.

4. Menyeimbangkan tingkat keasaman darah

Kandungan garam dalam kurma akan menyeimbangkan tingkat keasaman darah yang cenderung meningkat. Hal tersebut bisa meningkat karena biasa sejumlah orang mengonsumsi karbohidrat dan daging berlebihan saat buka puasa.

Itulah manfaat mengonsumsi kurma selama Ramadan. Dilansir dari Health.Detik.com, Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengatakan bahwa kurma yang dikonsumsi haruslah kurma segar, bukan berupa manisan. Selain itu, jangan mengonsumsinya berlebihan. Anda hanya disarankan mengonsmsi 3-4 kurma saja saat berbuka puasa.

Baca juga: Cara memilih kurma berkualitas baik

(NR)

Comment di sini