Penyebab Bentrok di Kendal Versi FPI Jateng

by
July 19th, 2013 at 2:27 pm

Kendal (CiriCara.com) – Ada beberapa versi yang muncul soal kisruh yang terjadi antara ormas Front Pembela Islam (FPI) dan warga Kendal, Kamis, 18 Juli 2013.

FPI bentrok dengan warga Kendal

FPI / Ist.

Menurut versi warga, FPI pertama kali melakukan sweeping sebelum akhirnya mobil menabrak warga.

Sedangkan versi polisi mengatakan bahwa awal kejadian bermula dari konvoi FPI yang tak sengaja menabrak warga. Kedua pendapat tersebut berbeda dengan pendapat FPI.

Diberitakan oleh Detik.com, menurut Ketua DPD FPI Jawa Tengah, Syihabuddin, anggota FPI memang mengglear pawai pada hari Rabu, 17 Juli 2013 di Kendal. Dalam pawai itu mobil anggota FPI dikejar kemudian dirusak oleh warga.

Menurut Syihabuddin, untuk urusan mobil yang rusak tersebut sudah diselesaikan secara baik-baik dengan warga.

Pria tersebut mengatakan bahwa awalnya aksi yang dilakukan di Kendal tersebut sebenarnya sudah berjalan sesuai dengan prosedur namun karena sebagian anak buahnya yang sulit diatur maka mereka cenderung berbuat nekat.

Saat kejadian pembakaran mobil terjadi, Syihabuddin mengatakan bahwa ia sedang tidak bersama rombongan yang berada di mobil melainkan sedang berada di masjid.

Para anggota FPI yang berada di depan terpaksa lari karena dikejar oleh warga dan tanpa sengaja menabrak ibu yang memboncengkan anaknya hingga akhirnya tewas di tempat.

Ketua FPI Jateng itu sudah menjemput 24 anggota yang sudah diperbolehkan pulang oleh polisi. Sedangkan tiga orang anggota lainnya masih diperiksa oleh polisi karena terbukti menabrak dan membawa senjata tajam. (RN)

Comment di sini