Ruhut Sarankan Agar FPI Segera Dibubarkan

by
July 19th, 2013 at 4:46 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kisruh yang terjadi antara ormas Front Pembela Islam (FPI) dan warga yang terjadi di Kendal pada hari Kamis, 18 Juli 2013 mengundang komentar dari berbagai pihak termasuk para politisi.

FPI bentrok dengan warga Kendal / Ist.

FPI bentrok dengan warga Kendal / Ist.

Salah satu politisi yang ikut berkomentar adalah Ruhut Sitompul yang meminta aparat kepolisian menindak tegas oknum FPI yang terlibat bentrok dengan warga Kendal. Politisi asal Partai Demokrat tersebut menghubungkannya dengan undang-undang ormas yang sedang dibahas DPR.

Menurut Ruhut, politisi sudah tidak perlu takut dan sungkan untuk menindak ormas anarkis seperti yang dilakukan oleh FPI Temanggung di Kendal.

“Jadi dengan keluarnya Undang-Undang Ormas dikaitkan dengan tindak pidana hukum kita, polisi tidak usah sungkan lagi. Yang terlibat harus dihukum berat,” kata Ruhut, Jumat 19 Juli 2013 kepada sumber berita, Okezone.com.

FPI sendiri bukan pertama kali melakukan tindakan ini karena sebelumnya ormas itu pernah melakukan tindakan anarkis di tempat lainnya dalam waktu berbeda. Karena sudah anarkis, Ruhut mengatakan bahwa Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sudah selayaknya membubarkan FPI.

Kerusuhan antara FPI dan warga terjadi di Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah, Kamis, 18 Juli 2013 kemarin. Bentrokan itu terjadi saat FPI melakukan aksi sweeping tempat hiburan yang berujung anarkis pada hari Rabu, 17 Juli 2013. Karena tak terima, warga lalu bentrok dengan FPI.

Bentrokan itu menimbulkan dendam bagi FPI yang kemudian membalas warga pada hari Kamis keesokan harinya. Dalam aksi tersebut anggota FPI sempat menabrak seorang pemotor hingga tewas. Setelah itu kerusuhan semakin meluas hingga berujung pada pembakaran mobil anggota FPI. (RN)

Comment di sini