Warga Kendal Sempat Kepung Anggota FPI di Masjid

by
July 19th, 2013 at 11:05 am
Front Pembela Islam (FPI)

Sweeping FPI – Ist

Kendal (CiriCara.com) – Massa rombongan Front Pembela Islam (FPI) Temanggung yang melakukan sweeping tempat lokalisasi terlibat bentrok dengan warga Kendal, Jawa Tengah. Sejumlah warga pun sempat melakukan pengepungan terhadap anggota FPI.

Bentrok yang terjadi pada Kamis (18/7/2013) kemarin, dipicu akibat warga yang tidak terima FPI dari wilayah lain masuk ke Kendal untuk melakukan sweeping. Situasi semakin memanas saat salah satu mobil rombongan FPI Temanggung diketahui menabrak ibu-ibu yang tengah mengendarai motor.

“Warga menghadang sweeping dari FPI Temanggung, mereka heran kok bisa masuk wilayah Kendal,” tutur Kukuh, Petugas Polres Kendal, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Jumat (19/7/2013).

Warga pun sempat membakar dan merusak mobil yang digunakan oleh rombongan FPI. Karena diserbu oleh ribuan warga yang marah, puluhan anggota FPI pun memilih berlindung di dalam Masjid Kauman Sukorejo, Kendal.

Sekitar 35 anggota FPI sempat terkepung oleh warga dan tidak bisa keluar dari masjid. Baruntung, ada sejumlah aparat kepolisian yang menahan aksi warga dengan membuat barikade di sekitar masjid tersebut.

Anggota FPI itu baru bisa keluar saat waktu buka puasa. Mereka dievakuasi dengan menggunakan truk Dalmas yang dijaga ketat oleh petugas. Pasalnya, saat itu sejumlah warga masih siaga di sekitar alun-alun Sukarejo.

Setelah diamankan, puluhan anggota FPI itu kemudian diperiksa di Mapolres Kendal, Jawa Tengah. Mereka menjalani pemeriksaan sejak Kamis (18/7/2013) malam hingga jam makan sahur, Jumat (19/7/2013) dinihari WIB.

Dari hasil pemeriksaan, polisi sudah menetapkan tiga tersangka yang diduga merupakan anggota FPI. Dua tersangka ditangkap karena membawa senjata tajam, sementara satu tersangka lainnya diketahui sebagai sopir mobil yang menabrak warga.

Menurut berita yang beredar, satu warga diketahui meninggal dunia akibat kejadian tersebut. Korban diketahui bernama Tri Munarti, warga Desa Krikil, Pageruyung, Kendal. Wanita 42 tahun itu tewas tertabrak mobil rombongan FPI.

(YG)

Comment di sini