Blusukan Jokowi – Ahok Mencapai Anggaran Miliaran Rupiah Per Tahun

by
July 21st, 2013 at 7:31 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Semenjak menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta, Joko Widodo atau Jokowi dikenal sering melakukan blusukan. Hal tersebut juga dilakukan oleh wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Blusukan Jokowi - Ist

Blusukan Jokowi – Ist

Namun ternyata, hobi blusukan yang hampir setiap hari dilakukan oleh Gubernur dan wakilnya itu mencapai anggaran sebesar Rp. 26,6 miliar lebih per tahun.

Dilansir dari Liputan6.com, LSM Forum Indonesia Transparasi Anggaran (Fitra) menyebutkan dana blusukan yang dilakukan Jokowi dan Ahok mencapai Rp. 26,6 miliar rupiah per tahun. Jika dirata-ratakan, maka dalam sehari bisa menghabiskan uang sebesar Rp. 37 juta untuk Jokowi dan Ahok.

“Anggaran blusukan Jokowi itu dari anggaran penunjang oprasional APBD 2013,” Kata Uchok Sky Khadafi, Direktur Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparasi Anggaran (Fitra) yang dicuplik dari Metro.Sindonews.com.

Selain itu, Uchok juga mengatakan bahwa pemerintahan Jokowi – Basuki tidak fokus dalam pemberantasan korupsi. Jokowi gemar blusukan, menghabiskan anggaran, namun hasilnya belum kelihatan hingga saat ini.

Uang senilai Rp. 37 juta itu tidak keluar jika Jokowi atau Ahok hanya bekerja di dalam kantor. “Mungkin dikira Jokowi blusukan itu murah, padahal mahal,” Tambah Uchok. Biaya tersebut masuk dalam Belanja Penunjang Operasional dalam setahun yang dibagi per hari.

Perbedaan anggaran antara Jokowi dan Foke terdapat selisih Rp. 9 miliar rupiah. Saat Foke menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, anggarannya hanya 17,6 miliar per tahunnya.

“Untuk membenahi Jakarta bukan dilakukan dengan cara blusukan, tapi bisa dengan membenahi birokrasi, tata dengan baik para aparat birokrasi, dan ajarkan aparat Pemda itu melayani rakyat denga tulus, tanpa embel-embel apapun termasuk melakukan pungli kepada rakyat,” Kritik Uchok.

Selain itu, Uchok juga menambahkan bahwa nampaknya Jokowi bukan untuk memberantas korupsi, melainkan fokus pada diri sendiri dengan melakukan blusukan ke mana-mana.

Mantan Walikota Solo ini memang terkenal dengan gaya blusukan semenjak mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta. Bahkan, gaya kepemimpinannya itu membuatnya menduduki kursi 1 DKI. (NR)

Comment di sini