Dana Blusukan Miliaran Rupiah, Ini Kata Jokowi

by
July 21st, 2013 at 9:21 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Hobi blusukan yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Jokowi dan wakilnya, Ahok ternyata tidak murah. Kabarnya, blusukan yang sering dilakukannya itu mencapai anggaran hingga 26,6 miliar rupiah per tahun.

Jokowi - Liputan6

Jokowi – Liputan6

Uchok Sky Khadafi, Direktur Investigasi dan Advokasi FITRA mengatakan bahwa keluar masuk kampung yang hampir setiap hari dilakukan Jokowi itu telah membebani keuangan daerah Rp. 26,6 miliar dan jika dirata-ratakan per harinya menghabiskan dana sebesar Rp. 74 Juta.

Isu yang beredar itupun ditanggapi oleh orang nomor satu di DKI Jakarta ini. Jokowi membantah isu tersebut dan mengatakan bahwa dana miliaran tersebut tak digunakan untuk hobi blusukannya. Blusukan merupakan salah satu bentuk pengontrolan dan pengawasan terhadap pejabat pemerintah dan warga.

Dilansir dari Liputan6.com, Jokowi berkata, “Blusukan tak ada anggarannya. Modalnya saja hanya jalan kaki. Nggak ada dana blusukan. Jalan kaki saja kok pakai dana. Ngecek lurah, camat, mau pakai dana apa memangnya?.”

Orang nomor satu di DKI Jakarta ini juga mengaku bahwa memang ada anggaran Biaya Penunjang Operasional (BOP) untuk dirinya dan Ahok sebagai kepala daerah. Dana tersebut juga diberikan untuk kepala daerah lainnya, bukan hanya di daerah DKI saja. Hal tersebut sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2000 mengenai Kedudukan Keuangan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Mantan Walikota Solo ini mengatakan bahwa alokasi yang dimaksud LSM FITRA adalah anggaran operasional, seperti dana keamanan, ketertiban, dan operasional khusus.

“Dana tersebut jika tidak dipakai memang tak habis. Dana itu untuk tujuan khusus, seperti gesekan antarwarga dan kebakaran. Hal tersebut tenunya membutuhkan dana yang cepat,” tambah Jokowi.

Menurut Uchok, anggaran pada era Jokowi ini melonjak dibandingkan pada saat Foke menjabat sebagai Gubernur DKI. Di Zaman kepemimpinan Foke anggarannya hanya mencapai 17,6 miliar per tahunnya. (NR)

Comment di sini