Cara Mencegah Nyeri Saat Memakai High Heels

by
July 22nd, 2013 at 2:29 pm

CiriCara.comHigh heels atau sepatu hak tinggi membuat seorang wanita lebih percaya diri jika memakainya. Sejumlah wanita yang memakai high heels merasa lebih tinggi, menarik, dan seksi. Anggapan hal tersebut memang benar karena dengan memakai high heels lekuk tubuh seorang wanita menjadi lebih terlihat.

high heels - Ist

high heels – Ist

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa terlalu sering memakai high heels itu bisa membahayakan kesehatan?

Sepatu hak tinggi ini seringkali dipakai oleh wanita dalam menjalani aktivitasnya, seperti pergi ke kantor dan mal. Namun, saat memakainya terkadang wanita merasakan nyeri pada bagian telapak kaki. Bagi Anda yang sering memakai high heels, apakah merasakan hal tersebut juga?

Dilansir Vemale.com dari Sheknows.com, Dr Geoff Gray, seorang spesialis dalam ortopedi dan terapi olahraga fisik mengatakan bahwa keluhan yang paling umum pada wanita yang memakai high heels adalah nyeri pada bagian ball of foot atau telapak kaki yang menumpu lantai saat Anda berjinjit.

Selain itu, jika sering memakaiknya, maka akan terjadi pembengkakan atau peradangan di daerah tersebut. Namun, bagi Anda yang sering memakainya, ada cara sehat agar kaki tak mengalami nyeri saat memakai high heels. Bagaimana? Dilansir sumber yang sama, inilah cara mencegah nyeri saat memakai high heels:

1. Pilih yang nyaman

Alangkah baiknya Anda memilih high heels yang ukurannya pas dan nyaman saja saat dipakai. Jangan memilih high heels dengan ujung bagian depan meruncing sehingga menjepit jari-jari Anda. Saat memakai sepatu, jari-jari kaki Anda harus tetap bisa bergerak. Selain itu, pilih juga high heels yang memiliki bantalan sepatu. Jika tidak ada, maka Anda bisa membelinya dan dimasukkan ke dalam high heels. Cara ini perlu dilakukan untuk mengurangi tekanan pada telapak kaki yang menumpu lantai saat Anda berjinjit.

Baca juga: Cara agar tetap nyaman saat memakai high heels

2. Megistirahatkan kaki jika terasa linu

Wanita pakai high heels - Ist

Wanita pakai high heels – Ist

Jika kaki sudah mulai merasa linu sat memakai high heels, maka sebaiknya Anda megistirahatkannya dahulu. Anda bisa memakai flat shoes dahulu untuk sementara waktu. Biasanya sejumlah wanita, khusunya wanita karier akan tetap memakai high heels sampai setibanya di rumah. Sebaiknya jangan lakukan itu. Jika aktivitas di kantor sdah selesai, maka usahakan untuk memakai flat shoes.

3. Memijat kaki setiap hari

Bagi Anda yang terbiasa memakai high heels, jangan lupa untuk memberikan pijatan pada kaki satu kali dalam sehari. Pijat lembut bagian betis hingga semua bagian telapak kaki agar lebih rileks setelah seharian menopang tubuh Anda. selain itu, pemijatan ini juga melancarkan peredaran darah dan melemaskan otot paha hingga telapak kaki. Memijat kaki sebaiknya dilakukan sebelum Anda tidur.

Itulah cara mencegah nyeri saat memakai high heels. Jangan sampai memakai high heels membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda saat ini dan di masa yang akan datang.

Baca juga: Cara merawat high heels

(NR)

Comment di sini