Cara Mudik Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Pribadi

by
July 22nd, 2013 at 4:44 pm
Ilustrasi mudik - Ist

Ilustrasi mudik – Ist

CiriCara.com – Mendekati Hai Raya Idul Fitri, biasanya banyak orang yang pulang ke kampung halamannya. Balik ke kampung halaman atau dikenal dengan mudik merupakan salah satu tradisi orang Indonesia saat bulan Ramadan.

Dengan pulang ke kampung halamannya, mereka berharap agar bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan keluarga besar di Hari Raya dul Fitri. Banyak cara yang ditempuh pemudik untuk bisa pulang ke kampung halamannya. Biasanya para pemudik akan menggunakan jalur darat, udara, dan air.

Baca juga: Cara siapkan dana mudik

Alat transportasi yang akan digunakan para pemudik, seperti kereta api, bus, pesawat, dan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Bagi Anda yang nantinya akan mudik dengan kendaraan pribadi, ada tips yang bisa diikuti agar mudik tetap aman dan nyaman selama perjalanan. Lalu, apa tipsnya?

Berikut cara aman dan nyaman mudik dengan kendaraan pribadi:

1. Tentukan berapa lama akan mudik

Sebelum berangkat mudik, Anda harus memastikan dahulu berapa lama berada di kampung halaman. Dengan memperkirakan berapa lama akan di sana, tentunya memudahkan Anda untuk mengemaskan pakaian yang akan dibawa. Agar tak ada barang bawaan yang tertinggal, Anda harus membuat catatan kecil yang berisi catatan barang-barang yang akan dibawa.

2. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima

Dikarenakan Anda mudik dengan kendaraan pribadi, beberapa hari sebelum berangkat sebaiknya bawa dulu kendaraan ke bengkel. Anda harus menyervis dan mengecek kondisi kendaraan secara keseluruhan. Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa peralatan untuk bantuan darurat jika terjadi kerusakan pada kendaraan di tengah perjalanan mudik Anda.

Mudik naik motor - Ist

Mudik naik motor – Ist

3. Pamit dengan ketua RT dan tetangga

Jangan lupa juga untuk pamitan dengan ketua RT dan tetangga. Titipkan rumah kepada tetangga dan Anda juga harus melaporkan kepergian pada ketua RT. Bila perlu, Anda bisa membayar satpam untuk menjaga rumah selama Anda mudik khusunya pada malam hari. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan rumah walaupun ditinggal mudik oleh Anda.

4. Ketahui rute perjalanan

Sebelum mudik, Anda harus mengetahui rute mana yang akan dilewati. Selain itu, selama perjalanan Anda juga harus terhubung dengan media informasi agar mendapatkan info terkini mengenai arus mudik. Jika Anda mudik mengguankan mobil pribadi, maka nyalakan radio untuk terus memantau arus mudik.

5. Istirahat di posko mudik

Menjelang Idul Fitri, banyak posko yang didirikan untuk tempat peristirahatan para pemudik. Jika merasa lelah dalam perjalanan, maka Anda bisa memanfaatkan posko tersebut. Istirahatkanlah tubuh dahulu selama 2-3 jam. Hal tersebut tentunya bertukuan untuk menghindari kecelakaanakibat kelelahan dalam pejalanan.

Itulah cara aman dan nyaman mudik dengan kendaraan pribadi. Anda harus selalu berhati-hati ketika dalam perjalanan. Jika merasa lelah, maka harus segera beristirahat. Ingatlah bahwa keluarga besar di kampung halaman sedang menanti Anda. Selamat mudik.

Baca juga: Tips mudik aman dan nyaman dengan mobil sewaan

(NR)

Comment di sini