Hujan Abu dan Pasir dari Gunung Merapi, Ribuan Warga Mengungsi

by
July 22nd, 2013 at 11:29 am
Gunung Merapi, Yogyakarta

Gunung Merapi – Ist.

Klaten (CiriCara.com)Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menunjukkan aktivitasnya pada pagi hari ini, Senin 22 Juli 2013.

Diberitakan oleh Tempo.co, akibat aktivitasnya yang meninggi, daerah Klaten, Jawa Tengah sempat diguyur hujan abu dan pasir pada pagi hari ini. Akibatnya, ribuan warga mengungsi ke daerah yang tidak terkena serbuan hujan abu dan pasir. Warga baru kembali ke rumah setelah kondisi dipastikan aman.

Hujan abu dan pasir pertama kali diketahui warga pukul 04.10 WIB. Pasir yang turun dari langit akibat aktivitas Gunung Merapi tersebut terasa panas, akibatnya warga segera mengungsi.

Lokasi pengungsian bagi warga yang berada di sebelah barat Sungai Woro dipusatkan di kantor Kecamatan Kemalang dan Balai Desa Bawukan. Sementara itu warga yang tinggal di sebelah timur Sungai Woro mengungsi di Balai Desa Panggang.

Meski mengeluarkan hujan pasir namun Badan Penanggulangan Bencana Daerah Klaten menegaskan bahwa aktivitas Gunung Merapi masih berstatus aktif-normal. Warga yang mengungsi telah kembali ke rumah sekitar pukul 06.00 WIB setelah hujan abu reda.

Tidak ada korban jiwa maupun materi yang timbul akibat hujan pasir dan abu pagi ini. Namun warga masih dihimbau untuk menggunakan masker saat beraktivitas hari ini karena debu masih cukup tebal.

Aktivitas dahsyat Gunung Merapi terakhir kali terjadi pada 27 Oktober 2010 lalu dan menimbulkan kerugian harta benda dan korban jiwa termasuk juru kunci Gunung Merapi yang terkenal, Mbah Maridjan. (RN)

Comment di sini