Jokowi Sesalkan FITRA Tak Bisa Baca APBD

by
July 22nd, 2013 at 3:42 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Ulah Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) yang menuding Jokowi memakai dana puluhan miliar rupiah untuk aksi blusukan yang sering dilakukannya tentu mengundang berbagai reaksi.

Jokowi blusukan ke pemukiman warga

Jokowi blusukan ke pemukiman warga – Liputan6

Dilansir dari Merdeka.com, Jokowi sendiri gerah dengan tudingan yang dilontarkan oleh FITRA. Menurut Jokowi, FITRA kurang memahami anggaran yang dipakai oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta.

Padahal selama ini APBD DKI Jakarta 2013 sudah dibuat setransparan mungkin hingga tingkat desa.

“Kita sangat terbuka, APBD juga kita buka semuanya kan. RT RW kita bisa baca. Tapi kalau baca enggak ngerti harus tanya dulu, kalau langsung buat gitu ya repot,” kata Jokowi di Kantor Balai Kota, Jakarta, Senin 22 Juli 2013.

Penggunaan APBD DKI Jakarta 2013 memang sengaja dibuka di setiap desa. Dengan langkah tersebut, maka Gubernur DKI Jakarta tersebut berharap agar semua warga bisa mengawasi anggaran.

Jokowi menegaskan bahwa blusukan yang selama ini ia lakukan tidak menggunakan anggaran sebesar Rp. 26,6 miliar karena modal utamanya adalah jalan kaki.

Meski dana operasional Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta sangat besar namun dana tersebut hanya digunakan sebagai dana taktis untuk koordinasi masalah sosial, keamanan, kebakaran, konsumsi, dan hal lainnya. (RN)

Comment di sini