PMI Pekanbaru: Donor Darah Tidak Membatalkan Puasa

by
July 22nd, 2013 at 11:27 am
donor darah, pmi, palang merah indonesia

Donor darah – Ist

Pekanbaru (CiriCara.com) – Saat bulan Ramadan, jumlah pendonor darah dilaporkan mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang beranggapan bahwa mendonorkan darah saat Ramadan bisa membatalkan puasa.

Untuk menjawab kekhawatiran tersebut, Kepala Palang Merah Indonesia (PMI) Pekanbaru, Yuzamri Yakub mengaku telah berkonsultasi dengan sejumlah ulama. Dari hasil konsultasi tersebut Yuzamri menuturkan bahwa donor darah tidak membatalkan puasa.

“Jadi, sebaiknya masyarakat tidak ragu untuk mendonorkan darahnya saat Ramadan seperti sekarang ini,” kata Yuzamri seperti dikutip dari Republika.co.id, Senin (22/7/2013).

Meskipun demikian, Yuzamri menjelaskan bahwa tidak semua orang bisa mendonorkan darahnya saat berpuasa. Minimal, si pendonor harus mempunyai berat badan 45 kilogram. Jumlah darah yang akan diambil juga lebih sedikit dibanding pada hari biasa.

Yuzamri menjelaskan, pendonor pria yang mempunyai volume darah 5,5 liter, darahnya hanya akan diambil 300 – 350 cc saja. Hal ini dilakukan atas dasar pertimbangan kesehatan dan stamina si pendonor.

Selain harus memiliki bobot 45 kilogram, si pendonor juga harus cukup istirahat atau cukup tidur. Si pendonor juga harus memperhatikan asupan makanannya agar tidak mudah lemas setelah mendonorkan darahnya.

Bagi Anda yang akan mendonorkan darah, lanjut Yuzamri, bisa melakukannya pada pukul 08.00 WIB sampai 09.00 WIB. Sebab pada jam-jam tersebut, kondisi tubuh diyakini masih segar karena belum lama dari waktu makan sahur.

Namun bagi yang masih ragu, Yuzamri juga menawarkan donor darah di waktu malam. Donor darah malam bisa dilakukan setelah berbuka puasa. “Sehingga tidak mengganggu stamina pendonor ketika berpuasa keesokan harinya,” ujarnya.

Sebelumnya, banyak orang menilai donor darah akan membatalkan puasa. Hal ini dikarenakan donor darah dilakukan dengan cara disuntik. Padahal, hukum disuntik saat berpuasa sendiri masih diperdebatkan.

(YG)

Comment di sini