Manfaat Banyak Meminum Air Putih Selama Puasa

by
July 23rd, 2013 at 11:27 am

CiriCara.com – Pada waktu berbuka puasa, sebagian besar orang akan mencari makanan dan minuman yang segar dan manis-manis. Namun, ketahuilah bahwa hal tersebut malah membuat kesehatann tubuh menurun terutama saat menjelang salat tarawih.

Cukupi air putih selama puasa - Ist

Cukupi air putih selama puasa – Ist

Selama berpuasa kurang lebih 13 jam membuat cairan di dalam tubuh berkurang. Untuk itu, Anda disarankan untuk tetap memenuhi cairan dalam tubuh dengan meminum air putih yang cukup saat berbuka puasa dan sahur.

Baca juga: Cara berbuka puasa yang baik dan benar

Dengan meminum air putih yang cukup pada saat sahur dan berbuka, tubuh akan tetap fit dan terhidrasi walau tidak minum pada siang hari. Bukan hanya itu saja, masih ada manfaat lain yang bisa Anda dapat jika cukup minum air putih selama puasa. Apa saja manfaatnya?

Dilansir dari Abcnews.go.com, berikut manfaat meminum air putih selama puasa:

1. Memperbaiki mood

Pada saat tubuh tidak terhidrasi dengan baik, pembuluh darah akan melebar.Hhal ini akan menyebabkan pembengkakan dan memperburuk sakit kepala. Sebuah studi menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi air harian bisa mengurangi intensitas sakit kepala yang berujung pada perbaikan mood. Untuk itu, Anda harus tetap meminum air putih sebanyak 2 liter per hari walaupun sedang berpuasa.

2. Menyeimbangkan cairan tubuh

Ketahuilah bahwa lebih dari setengah tubuh manusia berisi cairan. Air akan membantu fungsi penting dalam menjaga suhu tubuh, melindungi organ-organ, dan membantu melancarkan pencernaan.

Perbanyak meminum air putih - Ist

Perbanyak meminum air putih – Ist

3. Mengontrol berat badan

Biasanya orang lapar akan langsung mengonsumsi makanan secara berlebihan. Akan tetapi, coba ubah kebiasaan tersebut. Jika lapar, maka cobalah untuk meminum air putih. Jika lapar langsung hilang, maka bisa dipastikan rasa lapar itu adalah alarm rasa haus. Untuk itu, alangkah baiknya Anda meminum segelas air putih dahulu saat berbuka puasa untuk menghindari makan berlebihan.

4. Mencegah risiko serangan jantung

Mengonsumsi air merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi menunjukkan bahwa meminum air putih lebih banyak dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner. Jadi, walaupun sedang bepuasa sebaiknya Anda tetap meminum banyak air putih.

5. Jadi lebih cepat berpikir dan bertindak

Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa meminum air bisa membantu seseorang untuk jadi lebih cepat berpikir dan bertindak.

Itulah manfaat yang bisa Anda dapat jika tetap meminum banyak air putih selama puasa. Jadi, pastikan Anda tetap meminum air putih sebanyak 2 liter yang diminum saat buka puasa dan sahur. Hal tersbeut demi menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Selamat berpuasa.

Baca juga: Ternyata meminum air putih berbahaya

(NR)

Comment di sini