Cara Tepat Merawat Koleksi Jilbab

by
July 24th, 2013 at 3:20 pm

CiriCara.com – Bagi para Hijabers tentunya Anda memiliki koleksi hijab, bukan? Memiliki banyak model, motif, dan warna jilbab tentunya menyenangkan. Setiap hari, Anda bisa menggonta-gantinya agar penampilan selalu cantik dan modis.

Baca juga: Cara tampil modis berjilbab bagi pemula

Koleksi hijab - Ist

Koleksi hijab – Ist

Akan tetapi, untuk apa Anda memiliki banyak koleksi hijab atau jilbab jika tidak pandai merawatnya? Banyaknya hijab yang Anda miliki itu sebaiknya dirawat dengan cara yang tepat. Jangan asal mencuci, menjemur, dan menyimpannya karena bisa membuat jilbab jadi tidak awet.

Selain itu, memiliki koleksi jilbab juga membuat Anda jadi tidak memakai koleksi jilbab yang dimiliki. Jilbab yang tidak sering dipakai dan hanya disimpan di dalam lemari bisa membuatnya jadi berjamur serta warnanya memudar. Sebaiknya, cegah hal itu terjadi pada koleksi Anda.

Untuk itu, Anda harus merawatnya dengan tepat agar pelindung mahkota tetap awet dan cantik saat dipakai. Dilansir dari Vemale.com, berikut cara tepat merawat koleksi jilbab:

1. Jangan memakai air panas

Jilbab bahan apapun sebaiknya tidak Anda cuci dengan air panas. Jika memang ada noda membandel, maka Anda bisa menggunakan air hangat saja. Namun, air yang tepat untuk mencuci koleksi jilbab adalah air dingin.

2. Memisahkan warna

Untuk hijab yang berwarna-warni, sebaiknya pisahkan dahulu. Saat mencuci, sebaiknya Anda tidak mencampurkan hijab antara warna putih dan yang berwarna. Hal ini untuk mencegah hijab menjadi luntur.

3. Memakai deterjen lembut

Untuk pemilihan detejen, sebaiknya pakai yang lembut agar warna hijab tetap cerah dan tidak mudah pudar.

4. Tak memakai mesin cuci

Menyimpan koleksi hijab - Vemale

Menyimpan koleksi hijab – Vemale

Untuk mencuci hijab sebaiknya menggunakan tangan saja. Jika Anda mencucinya dengan menggunakan mesin cuci, maka bahannya jadi mudah rusak. Namun, sebelum mencucinya dengan tangan sebaiknya Anda rendam dulu selama 15-20 menit.

5. Diangin-anginkan saja

Mengeringkan hijab sebaiknya tak perlu diperas terlalu kuat karena bisa merusak bahannya. Selain itu, Anda juga bisa menjemurnya diangin-anginkan saja. Jangan langsung dijemur di bawah terik matahari karena bisa membuat warnanya jadi cepat pudar. Jangan juga melipat hijab saat dikeringkan.

6. Pakai suhu yang paling rendah

Ada jilbab yang tidak perlu disetrika dan ada juga yang perlu. Untuk jilbab yang perlu disetrika, sebaiknya Anda menggunakan suhu paling rendah saja.

7. Menyimpannya yang benar

Untuk hijab yang jarang dipakai,, sebaiknya simpan saja di dalam plastik klip. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan hijab dengan cara menggulungnya terlebih dahulu, lalu disimpan di dalam box atau tempat khusus menyimpan hijab.

Itulah cara tepat merawat hijab. Berapapun banyaknya hijab yang Anda miliki, sebaiknya harus tetap dirawat agar penampilan berjilbab Anda semakin cantik.

Baca juga: Cara merawat rambut wanita berjilbab

(NR)

Comment di sini