Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Bagi Kesehatan

by
July 25th, 2013 at 3:19 pm
Berjalan tanpa alas kaki - Ist

Berjalan tanpa alas kaki – Ist

CiriCara.com – Sandal dan sepatu merupakan aksesori yang selalu dipakai orang banyak untuk menjalani aktivitasnya. Sepatu atau sandal akan dipakainya ketika ingin pergi bekerja, pergi ke mal, ataupun berolahraga. Memakai sepatu atau sandal untuk menjalankan aktivitas memang perlu dilakukan, tapi Anda bisa melepasnya pada saat sedang berolahraga ataupun bersantai.

Saat sedang berolahraga, tak ada salahnya untuk melepaskan aksesori tersebut sehingga Anda bisa berjalan santai atau berlari tanpa memakai alas kaki. Mungkin Anda pernah melihat sejumlah orang melakukan hal tersebut sehingga menimbulkan beberapa pertanyaan.

Baca juga: Cara pintar memilih olahraga sesuai usia

Sebenarnya, berolahraga seperti berjalan santai tanpa memakai alas kaki itu bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat kesehatannya? Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat berjalan tanpa alas kaki bagi kesehatan:

1. Meredakan stres

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan tanpa alas kaki di rumput bisa membantu mengurangi kecemasan depresi sebesar 62%. Berjalan tanpa memakai sepatu atau sandal meningkatkan kadar endorfin sehingga memunculkan perasaan bahagia.

2. Menyehatkan jiwa

Berjalan tanpa alas kaki bisa membuat Anda jadi lebih dekat dengan alam di sekelilingnya. Anda jadi lebih mudah merasakan hangatnya sinar matahari atau desiran angin di pepohonan. Merasakan hal tersebut tentunya bisa menyehatkan jiwa dan raga Anda.

3. Mencerahkan pikiran

Saat berjalan tanpa alas kaki tingkat kewaspadaan Anda spontan akan meningkat. Misalnya, Anda jadi lebih berhati-hati menapakkan kaki agar tidak tertusuk duru atau benda tajam lainnya. Tanpa sadar hal tersebut akan membuat pikiran lebih cerah dan merangsang pikiran menjadi lebih baik.

Tak memakai alas kaki - Ist

Tak memakai alas kaki – Ist

4. Detoksifikasi

Bumi atau pijakan alam memiliki muatan ion negatif yang berperan dalam detoksifikasi tubuh, mengurangi efek peradangan, sinkronisasi siklus hormon, irama fisiologis, dan efek menenangkan. Untuk itu, jangan ragu lagi untuk melepaskan alas kaki saat berada di patai atau bebatuan.

5. Meredakan gejala penyakit

Kaki memiliki sejumlah titik refleks yang terubung ke hampir semua organ tubuh. Benjolan kecil, bebatuan, atau permukaan kasar yang terinjak akan terangsang titik refleks di kaki. Meski pada awalnya terasa sakit, namun memiliki efek positif yaitu meredakan gejala penyakit.

6. Tidur menjadi berkualitas

Sejumlah pakar kesehatan ada yang mempercayai bahwa berjalan tanpa alas kaki di rerumputan bisa menjadi obat terbaik untuk mengatasi insomnia. Bagi Anda yang mengalami kesulitan tidur, tak ada salahnya untuk lebih sering berolahraga tanpa memakai alas kaki.

7. Mengaktifkan kerja otot tertentu

Berjalan tanpa alas kaki meregangkan sekaligus memperkuat otot tendon, ligamen dalam, pergelangan kaki, dan betis. Hal tersebut bisa membantu mencegah cedera, ketegangan lutut, dan masalah punggung. Selain itu, berjalan tanpa alas kaki juga bisa megaktifkan kerja otot tertentu yang membantu menjaga postur tubuh dan keseimbangan tubuh.

Itulah manfaat yang bisa Anda dapatkan jika berjalan kaki tanpa memakai alas kaki. Apakah saat ini Anda akan berjalan atau berolahraga tanpa memakai alas kaki?

Baca juga: 5 manfaat olahraga untuk kesehatan otak

(NR)

Comment di sini