Ramalan Jawa: Jokowi Bisa Jadi Presiden

by
July 25th, 2013 at 2:52 pm
Jokowi, joko widodo,

Jokowi – Liputan6

Jakarta (CiriCara.com) – Budayawan Rohmad Hadjiwijoyo meramalkan presiden Indonesia yang baru akan dimenangkan oleh keturunan Kerajaan Mataram. Hal itu dilihat berdasarkan ramalan budaya Jawa.

“Kalau sudah majapahit, biasanya presiden kita ganti dari keturunan Mataram, kalau sudah Mataram ganti kerjaan Demak. Karena mereka manunggaling Gusti (berketuhanan),” kata Rohmad, seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (25/7/2013).

Jika ramalan tersebut benar, maka Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) masih berpotensi untuk menjadi presiden Indonesia mendatang. Pasalnya, Jokowi diduga merupakan keturunan dari kerjaan Mataram. “Nah, Jokowi dari Mataram,” ujar Rohmad.

Dalam acara diskusi politik di Sugeng Sarjadi Of Goverment (SSSG), Jakarta, Rohmad juga menyebutkan kriteria pemimpin yang akan dipilih oleh rakyat. Menurutnya, pemimpin pilihan rakyat adalah mereka yang bisa mawas diri dan taat kepada agamanya.

“Siapa yang bisa ngaca diri dan manunggalin gusti dia akan dipilih rakyat,” ujar Rohmad.

Sosok Jokowi memang masih cukup populer di sejumlah survei calon presiden 2014. Nama Jokowi mampu mengalahkan nama tokoh-tokoh yang lain, seperti Jusuf Kalla, Aburizal Bakrie, Wiranto, dan juga Prabowo.

Meskipun demikian, Jokowi mengaku belum memikirkan untuk menjadi calon presiden. Jokowi menjelaskan bahwa dirinya saat ini masih berfokus untuk mengurusi DKI Jakarta. Apalagi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) juga belum memberikan izin kepada Jokowi.

(YG)