Broadcast “THR 2X Gaji” dan “Teman Dibacok Karena BBM” Hoax

by
July 26th, 2013 at 2:28 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Ponsel pintar BlackBerry memiliki keunggulandalam hal layanan perpesanan lewat kehadiran fitur BlackBerry Messenger (BBM).

hoax bbm, bbm hoax, broadcast hoax, liputan 6

Hoax BBM – Liputan6

Namun, fitur BBM banyak disalahgunakan oleh orang-orang yang punya maksud tertentu.

Pengguna BlackBerry pasti sudah akrab dengan layanan broadcast BBM yang sejatinya disediakan untuk membantu pengiriman pesan ke orang-orang yang berada di dalam daftar kontaknya secara praktis.

Fitur ini berguna ketika seseorang ingin mengirim pesan berantai dalam satu kelompok. Masalah muncul ketika ada yang menggunakannya untuk menyebarkan berita bohong atau hoax.

Ketika layanan BBM sempat down, banyak broadcast bermunculan yang meminta pengguna BlackBerry untuk melakukan langkah-langkah tertentu agar jaringan bisa normal kembali.  Pesan itu dibantah pihak BlackBerry namun banyak orang yang terlanjur tertipu.

Baru-baru ini ada setidaknya dua broadcast BBM bohong yang menyebar cepat, yakni tentang peringatan pemerintah bagi pengusaha untuk memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) sebanyak 2 kali lipat gaji dan kabar tentang dibacoknya seorang pengguna BlackBerry oleh kawannya yang terganggu sebab korban sering mengirim broadcast BBM.

Baca juga: Broadcast ‘Kiamat Internet’ Beredar di BBM!

Liputan 6 SCTV yang gerah dengan kemunculan dua broadcast tersebut karena menampilkan potongan program berita yang dipandu mantan penyiarnya, Louisa Kusnandar, memberikan klarifikasi bahwa pesan dalam BBM tersebut bohong.

“Liputan6 tidak pernah menayangkan berita tentang ‘pemerintah mewajibkan pengusaha membayar THR 2 bulan gaji’,” ungkap Kepala Produksi berita Liputan6 SCTV, Mauludin Anwar, seperti dikutip dari Liputan6.com (25/7).

Mauludin menjelaskan bahwa font dan grafik tulisan yang tertera pada gambar bukan ciri khas SCTV. Presenter Louisa Kusnandar pun sudah tidak lagi menjadi bagian dari SCTV.

Baca juga: Awas! Broadcast Hoax Beredar di BBM

(hp)

Comment di sini