Ahli: Makan Tidak Boleh Diselingi Minum

by
July 29th, 2013 at 9:35 am

CiriCara.com – Ahli Makrobiotik asal India, Shonali Sabherwal, memberi peringatan bahwa menenggak minuman saat tengah makan bisa mengganggu daya pencernaan dalam lambung dan menyebabkan fluktuasi kadar insulin secara signifikan.

makan sambil minum, tips kesehatan

Ilustrasi minum sambil makan – Munfitnessblog

Shobali menjelaskan lewat Times of India, “Lambung kita tidak tahu kapan kita makan dan mulai melepaskan cairan pencernaan dengan segera ketika kita sedang makan.

“Kalau kita minum di saat yang bersamaan, itu artinya kita mencampuri cairan pencernaan yang dilepaskan untuk mencerna makanan, dengan demikian mempersulit cairan tersebut untuk mencerna makanan.”

Baca juga: 5 Cara Redakan Asam Lambung Berlebih Secara Alami

Menurut penelitian, meminum satu atau dua tegukan air saat makan tidak menimbulkan masalah namun meminum satu atau dua gelas air bisa mengganggu pencernaan.

Para ahli menyarankan untuk meminum air dalam jumlah banyak sebelum dan 2 jam sesudah makan karena ini bisa membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Shobali menerangkan apa yang terjadi di dalam lambung ketika kita makan sambil meminum banyak air. Dinding usus akan menyerap air dan makanan yang masuk hingga konsentrasinya  cukup bagi cairan pencernaan untuk memulai mencerna makanan.

Namun, karena cairan tercampur, konsentrasinya menjadi lebih padat daripada substansi makanan. Jadi cairan lambung akan keluar untuk mencerna makanan. Alhasil, makanan yang tidak tercerna masuk ke sistem tubuh karena terserap dinding lambung.

“Ini bisa menyebabkan refluks asam dan mulas-mulas,” ungkap Shobali.

Untuk menghindari godaan untuk menenggak air ketika sedang makan, Shobali menyarankan untuk menghindari makanan yang terlalu asin karena rasa asin bisa menyebabkan rasa haus.

Selain itu, jangan makan terlalu cepat dan kunyahlah makanan lebih lama agar terbentuk cairan yang bisa membantu pencernaan sehingga kerja lambung lebih ringan.

Baca juga: Cara Mengenalkan Etika Makan Pada Anak

(hp)

Comment di sini