Gaji Anggota DPR RI Tertinggi ke-4 di Dunia

by
July 29th, 2013 at 10:48 am

Jakarta (CiriCara.com) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI ternyata mempunyai gaji dengan peringkat keempat tertinggi di dunia.

Diberitakan oleh Merdeka.com, peringkat ini dirilis oleh lembaga internasional Independent Parliamentary Standards Authority (IPSA) dan juga IMF dengan dasar jumlah gaji setahun yang dibagi dengan pendapatan per kapita penduduk.

Berdasarkan perhitungan, gaji para anggota DPR adalah 18 kali dari pendapatan per kapita penduduk Indonesia yang berjumlah sekitar 250 juta jiwa.

Gaji anggota DPR peringkat ke-4 di dunia

Gaji anggota DPR peringkat ke-4 di dunia – Ist.

Gaji anggota DPR tertinggi nomor satu di dunia dimiliki oleh anggota dewan dari negara Nigeria yang memiliki gaji 116 kali dari pendapatan per kapita penduduknya. Sementara itu urutan kedua ditempati oleh Kenya dengan pendapatan anggota DPR 76 kali dari pendapatan per kapita warga Kenya. Setelah Kenya, Ghana menempati peringkat ketiga dengan pendapatan 30 kali dari pendapatan per kapita warga Ghana.

Data yang dirilis oleh IPSA tersebut mengatakan bahwa gaji anggota DPR di Indonesia per tahun adalah USD 65.000 dengan pendapatan per kapita data terakhir IMF sebesar USD 3.582.

Tentu saja data ini sangat mengejutkan karena di tengah kemiskinan yang masih melanda Indonesia, gaji para anggota dewan justru berada di peringkat atas dunia.

Bahkan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2013, jumlah penduduk miskin di Indonesia masih mencapai 28,07 juta orang atau 11,37 persen dari penduduk Indonesia. Jumlah ini mungkin bisa saja bertambah lantaran beban yang harus ditanggung masyarakat semakin berat karena kebijakan-kebijakan baru yang ditetapkan oleh pemerintah. (RN)

Comment di sini