Menu Buka Puasa: Es Cincau Kuah Santan

by
July 29th, 2013 at 4:40 pm
Es cincau, es cincau santan, es cincau gula merah

Es Cincau – Ist

CiriCara.com – Buka puasa paling cocok menyantap yang manis-manis, salah satunya adalah es cincau. Selain rasanya yang manis, es cincau ini juga sangat menyegarkan. Mau tahu cara membuat es cincau yang enak untuk buka puasa?

Es cincau ini merupakan minuman tradisional. Namun, saat ini sejumlah restoran juga sudah mulai menyediakan es cincau dalam menunya. Bagi Anda yang ingin membuat es cincau sendiri, perhatikan cara membuatnya berikut ini:

Resep Es Cincau

Bahan cincau:
- 40 lembar daun cincau, cuci bersih
- 300 ml air matang

Bahan kuah gula merah:
- 100 gram gula merah
- 150 ml air
- 1 lembar daun pandan
- Garam secukupnya

Bahan kuah santan:
- 750 ml santan
- 1 lembar daun pandan
- Garam dan es serut secukupnya

Cara membuat:
- Cincau: remas-remas daun cincau, tuang ½ bagian air sedikit demi sedikit sambil terus diremas-remas hingga keluar lendir/jel berwarna hijau. Saring remasan daun cincau sambil terus diremas-remas. Tuangkan sisa air sedikit demi sedikit hingga keluar lendirnya. Simpan hasil saringan daun cincau tadi ke dalam lemari es hingga beku, kurang lebih 4 jam. Cincau siap digunakan.
- Kuah gula merah: rebus air, larutkan gula merah, tambahkan garam, dan daun pandan. Rebus terus hingga mendidih. Saring, sisihkan.
- Kuah santan: campur santan dengan daun pandan dan tambahkan garam. Rebus hingga mendidih, saring dan tiriskan.
- Siapkan mangkuk atau gelas.
- Ambil cincau dengan sendok dan masukkan ke dalam mangkuk/gelas. Tambahkan es batu yang sudah diserut. Tuangkan kuah gula merah dan kemudian tuangkan kuah santan.
- Es cincau kuah santan siap untuk dinikmati.

Selamat mencoba! Lihat resep menu buka puasa lainnya. (YG)

Comment di sini