Tips Bijak Menggunakan Uang THR

by
July 29th, 2013 at 10:35 am
uang thr, hitungan uang thr,

Uang THR – Ist

CiriCara.com – Para pekerja atau karyawan kebanyakan selalu memanfaatkan uang tunjangan hari raya (THR) untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Akibatnya, uang yang seharusnya bisa menjadi penghasilan tambahan itu habis dengan sia-sia.

Perilaku boros saat menerima uang THR harus Anda hindari. Karena uang THR tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menambah uang tambungan masa depan Anda. Membelanjakan uang THR boleh saja, namun jangan berlebihan.

Agar uang THR Anda tidak habis sia-sia, ikuti beberapa tips bijak menggunakan uang THR berikut ini:

1. Tabung uang THR

Agar tidak cepat habis, uang THR sebaiknya langsung ditabung. Untuk anggaran belanja bulan Ramadan ini, sebaiknya utamakan menggunakan uang gaji bulanan. Dengan begitu, pengeluaran Anda bulan ini bisa tetap terjaga meski ada THR.

2. Batasi penggunaan THR

Jika Anda tidak sanggup untuk menabungkan semua uang THR, Anda boleh membelanjakan uang THR. Namun, Anda harus punya batasan tertentu agar uang THR tidak habis. Anda bisa membagi uang THR menjadi dua, satu untuk belanja dan yang satunya lagi untuk ditabung.

3. Uang THR untuk investasi

Selain ditabung, Anda bisa memanfaatkan uang THR untuk investasi masa depan. Anda bisa membelanjakan THR ke pos-pos yang memiliki nilai jual sama atau bahkan lebih mahal. Misalnya, membeli emas, membuat asuransi, atau reksadana.

4. Hemat pengeluaran

Cara terbaik agar uang THR Anda tidak habis adalah berhemat. Selama bulan Ramadan, Anda bisa berhemat dengan beberapa cara, misalnya buka puasa di rumah (jangan di restoran) dan kurangi anggaran untuk membeli baju lebaran. Atur uang THR Anda dengan sebaik mungkin.

5. Ikut mudik gratis

Agar tidak perlu mengeluarkan uang untuk mudik, Anda sebaiknya mengikuti acara mudik gratis. Dengan begitu Anda tidak perlu menggunakan uang THR untuk ongkos mudik yang selalu naik menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa Anda praktekan untuk menghemat atau menjaga agar uang THR tidak habis secara sia-sia. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini