Cara Agar Tak Gatal Setelah Mencukur Bulu di Tubuh

by
July 30th, 2013 at 2:29 pm

CiriCara.com – Beberapa organ tubuh manusia terdapat bulu-bulu, seperti bulu di kaki, dada, dagu, ketiak, dan lain sebagainya. Namun, keberadaan bulu-bulu tersebut cukup mengganggu sebagian besar orang termasuk pria dan wanita sehingga mereka akan menghilangkannya dengan cara mencukurnya.

Mencukur bulu - Ist

Mencukur bulu – Ist

Padahal, adanya bulu-bulu yang tumbuh di beberapa organ tubuh itu memiliki fungsi. Namun, tetap saja banyak orang yang risih dan ingin menghilangkan bulu tersebut agar terlihat lebih mulus dan bersih. Apakah Anda juga melakukannya?

Baii pria maupun wanita biasanya akan lebih terlihat bersih dan percaya diri jika mencukur bulu yang ada ketiak, kaki, dan lain sebagainya. Akan tetapi, ada beberapa masalah yang muncul akibat sering melakukan hal ini.

Baca juga: Cara tepat menghilangkan bulu ketiak, tangan, dan kaki

Setelah mencukur seringkali kulit jadi terasa gatal dan iritasi. Rasa gatal ini disebabkan oleh bulu yang masih sangat pendek dan akan tumbuh. Bulu tubuh akan semakin mengeras jika sering dicukur. Selain itu, ada beberapa kuman yang rawan sehingga membuat kulit menjadi gatal.

Jika terasa gatal dan digaruk, maka biasanya akan menimbulkan luka. Untuk itu, pastikan Anda mencukur bulu di tubuh dengan cara yang bnar agar tak menimbulkan gatal dan iritasi. Bagaimana caranya? berikut cara agar tak gatal setelah mencukur bulu di tubuh yang dikutip dari Vemale.com:

1. Melakukan scrubbing

Untuk mengurangi rasa gatal, Anda bisa melakukan scrubbing. Lakukan beberapa kali sebelum Anda memutuskan untuk mencukur bulu kaki atau ketiak. Selain itu, melakukan scrubbing juga untuk menghindari kuman dan sel kulit mati yang mengganggu.

2. Memakai pisau cukur yang bersih

Sebelum mencukurnya, pastikan pisau yang akan Anda gunakan itu bersih. Memakai pisau cukur yag higenis atau bersih akan membantu Anda mengurangi risiko gatal yang cukup mengganggu aktivitas.

3. Berendam di air dingin

mencukur jenggot dan bulu kaki - Ist

mencukur jenggot dan bulu kaki – Ist

Setelah mencukur, sebaiknya Anda rendam bagian tubuh itu dengan air dingin. Rendam selama kurang lebih 5 menit. Cara ini untuk mencegah terjadinya kemerahan, rasa panas, dan gatal setelah dicukur. Untuk merendamnya jangan sekali-kali memakai air hangat karena bisa mengikis kelembapan.

4. Jangan terkena sinar matahari

Alangkah baiknya Anda menghindari sinar matahari terlebih dahulu setelah mencukurnya. Selain itu, jangan memakai bahan kosmetika dengan pewangi dan panas yang menyengat. Untuk kaki dan tangan, Anda bisa memakai sunblock setelah dicukur.

5. Pakai gel aloe vera

Gel aloe vera atau liah buaya bisa menenangkan kulit yang bisa mengatasi rasa panas dan gatal akibat mencukur. Anda bisa memakaikannya setelah mencukur.

Itulah cara agar tak gatal setelah mencukur bulu di tubuh. Setelah mencukur Anda harus menjaga kelembapan organ tubuh tersebut. Jika kulit dalam keadaan kering, maka lebih rawan gatal. (NR)

Comment di sini