Cara Memanfaatkan Uang Warisan dari Suami

by
July 30th, 2013 at 4:54 pm
Memanfaatkan uang warisan - Ist

Memanfaatkan uang warisan – Ist

CiriCara.com – Menerima warisan dari suami ataupun orangtua sendiri, berapapun jumlahnya seperti mendapat uang yang jatuh dari langit. Jika tidak siap, maka uang warisan itu bisa cepat habis dan lenyap begitu saja.

Alangkah baiknya Anda harus pintar-pintar mengelola uang warisan itu. Jangan memanfaatkan uang warisan untuk hal-hal yang tidak berguna atau digunakan dalam jangka waktu pendek saja. Anda harus bisa memanfaatkan uang warisan itu, terlebih jika warisan itu dari suami.

Tanpa suami, Anda harus tetap bisa dan berjuang membesarkan anak-anak dengan membiayai pendidikannya. Hal tersebut mungkin bukan hal yang mudah bagi seorang wanita. Untuk itu, sebaiknya manfaatkanlah uang warisan itu dengan cara yang cerdas.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara memafaatkan uang warisan dari suami:

1. Mencatat seluruh warisan

Alangkah baiknya Anda mencatat dahulu seluruh warisan yang dimiliki. Pisahkan antara warisna fisik dan warisan non fisik. Harta fisik, meliputi tanah, rumah, benda seni, kendaraan, perhiasan, dan barang-barang lainnya. Sedangkan warisan non fisik, meliputi tabungan, saham, dana pensiun, asuransi, dan lain sebagainya. Hitung total semua warisan yang dimiliki itu.

2. Membuka bisnis dari warisan

Uang warisan bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis. Jika Anda memang ingin buka usaha baru dan tidak memiliki modal, maka bisa menjual setengah warisan yang dimiliki. Pastikan masih ada sisa uang di tabungan Anda.

Uang warisan - Ist

Uang warisan – Ist

3. Menciptakan uang dari warisan

selain membuka bisnis, Anda juga bisa menciptakan uang dari warisan dengan cara lain. Cara yang bisa dilakukan yaitu menyewakannya. Misalnya, Anda memiliki beberapa rumah, lalu bisa rumah tersebut bisa disewakan atau dikontrakan untuk dijadikan kos-kosan.

4. Mengubah tabungan jadi investasi

Jika warisan yang dimiliki hanya tabungan, maka sebaiknya Anda mulai mengubah tabungan tersebut menjadi investasi. Degan mengubahnya menjadi investasi tentunya Anda bisa mendapatkan uang. Namun, pilihlah investasi yang risikonya paling rendah jika uang yang dimiliki terbatas.

Baca juga: Cara tepat untuk berinvestasi

Itulah cara memanfaatkan uang warisan dari suami. Bagaimanapun juga, Anda harus bisa memanfaatkan warisan itu sebaik mungkin agar bisa melanjutkan hidup yang lebih baik. (NR)

Comment di sini