Penembak Jitu Siap Amankan Jalur Mudik

by
July 30th, 2013 at 2:21 pm
penembak jitu, sniper indonesia

Penembak jitu – Ist

Bandung (CiriCara.com) – Untuk menjaga keamanan jalur mudik Lebaran tahun 2013, pihak Kepolisian Daerah Jawa Barat akan menyiagakan penembak jitu (sniper) dari Brimob. Para sniper tersebut akan melakukan pengawasan dari jarak jauh.

Menurut Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suhardi Alius, para sniper tersebut akan disiagakan di jalur mudik yang rawan kejahatan. “Penembak jitu kita tempatkan di tempat rawan,” ujarnya usai rapat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri di Gedung Sate, Bandung.

Suhardi memperkirakan, jalur Pantura masih menjadi jalur mudik yang paling rawan. Untuk antisipasi, rencananya akan ada personel polisi setiap 200 meter yang menjaga jalur tersebut. Dengan demikian, pemudik bisa dengan segera melapor jika terjadi tindak kejahatan atau kecelakaan.

“(Jalur) tengah dan selatan memang agak kurang tapi bebannya tetap Pantura,” jelas Suhardi, Selasa (30/7/2013).

Suhardi juga mengimbau para pemudik yang menggunakan sepeda motor agar tidak membawa penumpang melebihi kapasitas. Setiap satu motor maksimal membawa dua orang dewasa dan satu anak-anak.

Selain jalur mudik sepeda motor dan mobil, para sniper juga akan disiagakan di sejumlah perlintasan kereta api. Pengamanan ini bertujuan untuk menghindari adanya upaya pelemparan batu ke kereta pemudik.

Sementara itu, Menteri Perhubungan EE Mangindaan memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 2 – 6 Agustus 2013. Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, Kemenhub pun sudah melakukan sejumlah persiapan di terminal maupun di stasiun kereta.

(YG)

Comment di sini