Sikap Tegas Ahok Mirip dengan Ali Sadikin

by
July 30th, 2013 at 2:22 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memang dikenal sebagai sosok yang keras dan gemar sekali berkomentar pedas namun jujur. Akibatnya banyak pihak yang tak suka dengan sikapnya.

karakter ahok disebut mirip dengan ali sadikin

Ahok, Wakil Gubernur DKI Jakarta / Rimanews

Namun sadarkah warga Jakarta jika sikap dari Ahok tersebut mirip dengan Ali Sadikin, mantan Gubernur DKI Jakarta yang berhasil megubah wajah Jakarta menjadi Ibukota Negara?

Dikuitp dari Merdeka.com, Ahok bersikap sangat keras dan berani saat berkomentar tentang para Pedagang Kaki Lima (PKL) Tanah Abang yang tidak mau diatur oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“PKL tuh memang susah, dikasih kaki mintanya paha kalau orang bilang,” ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Selasa 23 Juli 2013 kepada sumber berita.

Ahok juga berkomentar bahwa sikap para PKL yang menyebut penggusuran sebagai pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) hanya mengada-ada karena dengan cara menertibkan PKL maka Jakarta akan terlihat lebih tertip dan rapi.

Komentar Ahok yang blak-blakan sempat menyinggung anggota DPRD DKI Jakarta, Lulung Lunggana atau Haji Lulung. Pasalnya Ahok menyebut bahwa ada anggota DPRD yang ikut campur di Tanah Abang.

Karena merasa tersindir, meski tak langsung, Haji Lulung balik melontarkan pendapat bahwa Ahok adalah seorang pasien sakit jiwa. Ahok balas membalas Haji Lulung dan mengatai pria yang lahir di Tanah Abang tersebut sebagai pengacau Jakarta.

Akibatnya, Ahok didemo oleh beberapa ormas Betawi kemarin, Senin, 29 Juli 2013. Mereka berunjuk rasa membela Lulung dan menolak gaya kepemimpinan Ahok sebagai Wagub DKI Jakarta.

Ahok rupanya sadar bahwa banyak orang tidak suka dengan sikap keras yang dimilikinya. Namun justru orang-orang berkarakter keraslah yang dibutuhkan untuk memimpin Jakarta.

Sosok Ali Sadikin yang dikenal sebagai Gubernur Jakarta periode 1966 sampai 1977 juga memiliki sifat keras dan blak-blakan mirip dengan yang dimiliki oleh Ahok sekarang. Almarhum Ali bahkan tak segan naik bus umum keliling kota untuk melihat bagaimana pelayanan yang diberikan oleh masyarakat. Komentarnya pedas dan blak-blakan seperti Ahok.

Ali bahkan pernah menampar seorang direktur karena proyek yang dikerjakan untuk pembangunan Jakarta dikerjakan secara asal-asalan dan molor. (RN)

Comment di sini