Benarkah Orang yang Suka Bangun Siang Lebih Sukses?

by
August 1st, 2013 at 10:25 am

CiriCara.com – Banyak orang yang mengatakan bahwa sebaiknya tidak bangun kesiangan atau terlalu siang karena rezeki kita bisa diambil orang. Untuk itu, orang-orang disarankan agar bangun pagi agar lebih sukses dalam karier dan kaya. Tapi, hal itu bertolak belakang dengan hasil dari sejumlah penelitian.

Bangun siang hari - Ist

Bangun siang hari – Ist

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang suka tidur larut malam dan bangun siang ternyata lebih pintar dan sukses. Bagaimana bisa?

Dilansir dari Health.Kompas.com yang mengutip dari Medicaldaily.com, hasil yang didapatkan dari penelitian Universitas Madrid pada 1.000 remaja menunjukkan bahwa orang-orang tidur terlalu larut malam dan sulit untuk bangun pagi memiliki kecerdasan lebih tinggi, terutama dalam hal pemikiran konseptual dan analistis, serta penalaran.

Walaupun di sekolah anak-anak yang rajin bangun pagi lebih berprestasi, namun saat masuk dunia kerja anak yang sering bangun siang lebih unggul.

Selain itu, hasil serupa juga ditunjukkan pada riset yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Southampton. Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa orang-orang yang bangun siang meraih pendapatan yang lebih besar dengan kemapanan hidup lebih baik. Misalnya, mereka memiliki rumah lebih nyaman, mobil, dan pekerjaan yang lebih ringan.

Dilansir sumber yang sama, Jim Horne, profesor psikofisiologi di Loughborough University mengatakan bahwa orang yang bangun siang cenderung menjadi sosok yang lebih kreatif, ekstrovert, penyair, seniman, dan penemu. Sedangkan, orang-orang yang bangun pagi lebih banyak berpikir deduktif, seperti yang dialkukan akuntan dan pegawai negeri.

Selain itu, Horne juga mengatakan bahwa terdapat perbedaan yang mencolok antara 2 tipe orang ini yaitu orang yang tidur larut malam dan bangun siang cenderung lebih sosial dan berorientasi pada manusia. Sedangkan, orang yang bangun pagi cenderung lebih mengutamakan berpikir logis.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Emotion juga menunjukkan bahwa orang yang bangun pagi cenderung lebih bahagia. Penyebabnya adalah jam biologis mereka lebih sesuai dengan orang pada kebanyakan. Misalnya saja, George W Bush dan Thomas Edison. Mereka memiliki kecerdasan dalam menyimpulkan, analisis, dan mengonsep.

Lalu, bagaiamana dengan Anda? Termasuk tipe manakah Anda?

Baca juga: Cara agar bisa bangun pagi setiap hari

(NR)

Comment di sini