Mobil Dinas Untuk Mudik, Ahok: Itu Sah-sah Saja

by
August 1st, 2013 at 11:01 am
mobil dinas untuk mudik, mobil dinas mudik 2013

Mobil Dinas PNS – Ist

Jakarta (CiriCara.com) – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku tidak masalah jika mobil dinas digunakan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mudik ke kampung halaman. Menurut Ahok, hal itu sah-sah saja.

Menurut pendapat pribadi Ahok, pemakaian mobil dinas untuk mudik itu boleh saja. Namun, para PNS yang memakai mobil dinas itu harus siap bertanggungjawab. Jika mobil dinas rusak atau hilang, maka pemakainya harus siap mengganti.

“Saya rasa, mudik menggunakan mobil dinas itu sah-sah saja,” kata Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari Republika.co.id, Rabu (31/7/2013) kemarin.

Menurut Ahok, mobil dinas seharusnya tidak hanya digunakan pada hari kerja saja. Pasalnya, biaya operasional mobil dinas sudah diperhitungkan hingga penggunaan pada hari Sabtu dan Minggu (hari libur).

Ahok pun mengaku pernah menggunakan mobil dinas untuk kepentingan pribadi, seperti pergi ke Gereja hari Sabtu dan Minggu. Hal itu dilakukannya saat masih menjadi Bupati Belitung Timur.

“Sekarang pun saya masih suka menggunakan mobil dinas untuk keperluan pribadi,” tuturnya.

Meskipun demikian, Ahok akhirnya tetap melarang PNS memakai mobil dinas untuk mudik, karena dilarang KPK. Pasalnya, pihak KPK menjelaskan bahwa menggunakan mobil dinas untuk kepentingan pribadi sudah termasuk salah satu bentuk korupsi.

“Kalau KPK nggak boleh, ya nggak boleh,” ujarnya.

Meski bertentangan dengan pendapat pribadinya, Ahok tetap akan menjalankan peraturan dari KPK itu. Ahok akan segera menginstruksikan agar para PNS di DKI Jakarta tidak memakai mobil dinas untuk mudik Lebaran tahun 2013 ini.

(YG)

Comment di sini