4 Bahaya Memakai Produk Kecantikan di Usia Dini

by
August 2nd, 2013 at 1:51 pm

CiriCara.com – Sebagian besar wanita nampaknya tidak lepas dari yang namanya produk kecantikan. Hampir setiap hari sejumlah wanita memakai makeup dan perawatan kecantikan kulit lainnya untuk menunjang penampilannya agar terlihat cantik.

Remaja berdandan - Ist

Remaja berdandan – Ist

Mengingat produk kecatikan sangat diperlukan wanita, banyak beredar merek-merek produk kecantikan yang dijual di pasaran. Dari yang bermerek bagus dengan harga yang mahal hingga murah. Berbagai promosi yang ditawarkannya pun cukup menggiurkan para wanita untuk memakainya.

Namun ironisnya, produk-produk kecantiakan bukan hanya dipakai oleh wanita dewasa tapi juga remaja. Mereka yang masih berusia belasan atau menduduki bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) juga sudah menggunakan produk kecantikan itu. Seringkali kita menemui jika anak yang masih dalam usia tersebut sudah berdandan seperti orang dewasa dan menggunakan produk kecantikan lainnya.

Padahal, memakai segala jenis produk kecantikan di usia dini itu bisa menimbulkan dampak negatif bagi dirinya sendiri. Mau tahu apa saja bahayanya? Dilansir dari Vemale.com, berikut bahaya memakai produk kecantikan di usia dini:

1. Iritasi dalam waktu lama

Memakai produk kcantikan, seperti kosmetika yang tidak sesuai usia bisa menyebabkan iritasi bagi kulit sensitif. Dalam sejumlah kasus bisa menyebabkan jerawat atau purging. Jika tidak menangani itu dengan benar, maka bisa membahayakan kondisinya sendiri. Untuk itu, jika kulit mengalami iritasi, maka konsultasikan pada dokter kulit, bukan dokter kecantikan.

2. Kulit jadi kebal

Kulit yang terlalu dini mendapatkan perawatan akan rawan menjadi kebal di masa yang akan datang. Mungkin, saat ini si pemakai tak merasakan efek apapun, namun di masa yang akan datang kulit akan menjadi kebal terhadap produk-produk kecantikan. Dengan begitu, Anda tak akan mendapatkan khasiatnya.

Merias wajah - Ist

Merias wajah – Ist

3. Kecantikan alaminya tidak terpancar

Salah satu hal yang paling membahayakan adalah memudarnya kecantikan alami yang dimiliki. Misalnya, si pemakai yang usianya masih belasan tahun ingin memiliki kulit yang putih seperti artis Korea. Lalu, dia memakai produk kecantikan tertentu. Hasilnya, kulit memang jadi lebih putih, namun terlihat lebih tua dan kecantikan alaminya jadi tidak terpancar.

Baca juga: 10 cara tetap cantik alami

4. Penuaan dini

Kulit para remaja memiliki tingkat kolagen dan elastisitas yang masih sangat baik. Jika sudah memakai produk-prosuk kecantikan, maka elastisitas kulit akan menyusut dan muncul tanda penuaan, seperti garis halus, dan kerutan.

Itulah 4 bahaya memakai produk kecantikan di usia dini. Untuk itu, pakailah produk kecantikan yang sesuai dengan usia saja agar tak menagalami 4 bahaya tersebut. Bagi para orangtua, jangan biarkan si anak memakai produk kecantikan jika belum waktunya. Biarkan kecantikan alaminya saja yang terpancar.

Baca juga: 7 cara cantik tanpa berdandan

(NR)

Comment di sini