Cara Agar Terhindar dari Aksi Pembiusan Saat Mudik

by
August 2nd, 2013 at 2:50 pm

CiriCara.com – Tindakan kejahatan bisa terjadi di mana dan kapan saja. Namun, tindakan kejahatan yang marak terjadi biasanya pada saat bulan Ramadan, termasuk saat mudik.

Ilustrasi mudik di pelabuhan - Republika

Ilustrasi mudik di pelabuhan – Republika

Salah satu jenis tindakan kejahatan yang sering terjadi saat di perjalanan mudik adalah pembiusan. Pembiusan ini dilakukan para pelaku untuk mengambil barang-barang berharga milik korban. Untuk itu, bagi Anda yang akan melakukan perjalanan mudik sebaiknya berhati-hati. Jangan sampai menjadi korban para pelaku kejahatan itu.

Agar terhindar dari aksi pembiusan saat mudik, ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan. Apa saja? Dilansir dari Viva.co.id, Komisaris Besar Rikwanto, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya memberikan tips-nya untuk Anda.

Berikut cara agar terhindar dari aksi pembiusan saat mudik:

1. Jangan terlihat bingung

Jika Anda berada di stasiun, terminal, ataupun bandar udara sebaiknya tidak terlihat kebingungan. Seseorang yang telihat kebingungan biasanya akan menjadi sasaran para pelaku tindakan kejahatan. Untuk itu, jika memerlukan informasi, maka bertanyalah langsung pada polisi atau petugas keamanan yang berada di situ.

2. Tidak mudik sendirian

Alangkah baiknya Anda tidak mudik sendirian. Usahakan untuk pulang ke kampung halaman setidaknya 2 orang. Jika memang terpaksa untuk mudik sendirian, maka Anda harus tetap waspada dan jangan terlihat bingung.

3. Jangan percaya dengan orang baru

Ilusrasi korban pembiusan - Ist

Ilusrasi korban pembiusan – Ist

Di pusat keramaian saat mudik, seperti terminal, pelabuhan, stasiun, dan bandar udara tentunya akan ada banyak orang. Sebaiknya, Anda jangan terlalu percaya dengan orang yang baru dikenal saat di tempat tersebut walapun sebelumnya sudah mengobrol.

4. Menolak tawaran minuman atau makanan dari orang

Jika ditawari makanan atau minuman oleh orang yang baru dikenal, maka sebaiknya Anda menolaknya dengan cara yang baik-baik. Misalnya, maaf saya sudah makan atau maaf saya membawa minum. Ketahuilah bahwa makanan atau minuman dari orang yang tak dikenal itu bisa jadi sudah dicampur dengan obat bius.

5. Jangan membawa barang terlalu banyak

Membawa barang bawaan terlalu banyak tentunya akan mebuat Anda kerepotan nantinya. Selain itu, hal tersebut juga mengundang para pelaku kejahatan. Jagan juga memakai perhiasan yang mencolok karena bisa membahayakan diri sendiri.

Itulah cara agar terhindar dari aksi pembiusan saat mudik. Jika pada saat mudik Anda menjadi korban atau menemukan tindakan kejahatan, maka segeralah melapor ke pos polisi terdekat atau menghubungi call center pengaduan Polda Metro Jaya ke nomor 110. Pastikan Anda selalu waspada saat mudik agar tak mudah dikerjai oleh para pelaku pembiusan. (NR)

Comment di sini