Cara Menghemat Pengeluaran Selama Bulan Ramadan

by
August 2nd, 2013 at 9:44 am
Menghemat pengeluaran - Ist

Menghemat pengeluaran – Ist

CiriCara.com – Selama bulan Ramadan, sejumlah orang mengeluh bahwa dirinya lebih boros dibandingkan bulan-bulan lainnya. Mengapa begitu?

Pengeluaran yang tinggi itu terkait dengan gaya hidup yang diterapkan selama bulan Ramadan. Misalnya, adanya acara buka bersama dengan teman-teman, melonjaknya harga kebutuhan pokok, membeli makanan lebih banyak untuk buka puasa dan sahur, dan lain sebagainya.

Selama bulan Ramadan ini, alangkah baiknya Anda harus tetap mengontrol pengeluaran agar tidak menjadi boros. Manfaatkan uang THR (Tunjangan Hari Raya) untuk hal-hal yang berguna saja. Bagi Anda yang merasa pengeluaran lebih boros selama bulan ramadan, sebaiknya kelolah keuangan dengan benar.

Dilansir drai Solopos.com, berikut cara menghemat pengeluaran selama bulan Ramadan:

1. Membuat menu harian

Memasuki bulan Ramadan, biasanya kebutuhan bahan-bahan pokok harganya akan melonjak. Untuk itu, sebaiknya Anda sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari. Selain itu, Anda juga perlu membuat menu makanan harian untuk sahur dan buka puasa. Tujuannya adalah agar pengeluaran menjadi tidak boros.

2. Kurangi acara buka bersama

Selama puasa biasanya banyak sekali acara buka bersama dengan para kolega. Acara buka bersama itu biasanya akan dilakukan di restoran atau kafe yangmana memerlukan biaya yang cukup besar. Sekali acara buka bersama saja Anda bisa mengeluarkan uang minimal Rp. 50.000. Jika itu terus dilakukan selama Ramadan, maka akan membuat kantong Anda jebol. Untuk itu, kurang-kurangilah untuk menghadiri acara tersebut.

Mengelola keuangan - Ist

Mengelola keuangan – Ist

3. Memisahkan uang bulanan dan THR

Agar tak boros, sebaiknya Anda memisahkan uang bulanan dan THR. Jika uang tersebut Anda gabung, maka pengeluaran akan menjadi lebih besar. Untuk pengeluaran sehari-hari, sebaiknya Anda menggunakan uang bulanan saja. Sedangkan, untuk kebutuhan Hari Raya Idul Fitri, seperti membeli kue, baju, pembayaran zakat, dan kebutuhan Lebaran itu sebaiknya memakai uang THR saja.

4. Menyisihkan uang THR

Alangkah baiknya Anda menekan pengeluaran dan menyisihkan uang THR 10 – 30% untuk melunasi utang-utang yang dimiliki. Selain itu, prioritaskan juga uang THR Anda untuk keperluan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga: Tips bijak menggunakan uang THR

Itulah cara menghemat pengeluaran selama Ramadan. Alangkah baiknya Anda tidak menghabiskan uang THR dan pintar-pintarlah menekan pengeluaran. Dengan begitu, keuangan Anda selama bulan Ramadan akan tetap terkontrol dan tidak boros hingga Hari Raya Idul Fitri nanti.

Baca juga: Cara mengatur uang THR

(NR)

Comment di sini