Hingga Saat Ini Solaria Belum Dapat Sertifikasi Halal dari MUI

by
August 2nd, 2013 at 3:59 pm

(Jakarta) CiriCara.com – Siapa yang tak kenal dengan restoran ternama di Indonesia yaitu Solaria. Restoran ini terkenal dengan porsi makananya yang terlewat besar dan cukup mudah ditemukan di sejumlah mal-mal di Indonesia.

Restoran Solaria - Liputan6

Restoran Solaria – Liputan6

Restoran Solaria yang berada di bawah PT. Sinar Solaria ini sudah berdiri sejak tahun 1995. Namun, sejak berdirinya restoran itu ada saja isu miring yang menerpanya. Salah satunya adalah makanan yang disajikan oleh Solaria mengandung minyak babi. Berita ini telah ramai dibicarakan di media sosial.

Namun, isu tersebut berkembang dengan narasi bahwa ada seseorang yang ingin membeli franchise, lalu dimintakan pembuatan perjanjian menggunakan angchiu dan minyak babi dalam beberapa masakan.

Dilansir dari Tempo.co, Dedy Nugrahadi, Operatiobnal Manager Solaria mengatakan bahwa perusahaan tidak pernah berkecimpung di bisnis franchise dan Solaria masih di bawah satu kepemilikan yaitu PT. Sinar Solaria.

Hilangnya isu tersebut, lalu pada tahun 2013 hal serupa kembali menerpa Solaria. Restoran yang memiliki 130 gerai di 25 kota di Tanah Air ini kembali diberitakan bahwa makanan yang disajikannya mengandung minyak babi dan belum mendapat sertifikasi halal.

Menanggapi hal tersebut, Dedy mengatakan bahwa isu tersebut tidaklah benar karena kami memakai minyak-minyak dari merek-merek yang bersertifikasi halal. Jadi, semua makanan yang kami sajikan halal.

Selain itu, Dedy juga menambahkan bahwa hingga saat ini perusahaan memang belum memiliki sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). “Mengenai hal itu baru akan kami urus pada tanggal 12 Agustus nanti,” Katanya kepada wartawan Tempo.co.

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia melalui Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menyatakan bahwa restoran Solaria hingga saat ini memang belum mengantongi sertifikat halal.

“Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia belum pernah melakukan pemeriksaan atas produk makanan atau minuman dan atau mengeluarkan sertifikast halal untuk restoran Solaria di mana pun,” Tulis MUI di situs resminya.

Hal tersebut dilakukan MUI karena banyaknya pertanyaan dari masyarakat mengenai kehalalan restoran Solaria. (NR)

Comment di sini