Jokowi: PNS Tidak Boleh Mudik Pakai Mobil Dinas

by
August 2nd, 2013 at 9:16 am
PNS dilarang mudik pakai mobil dinas

PNS dilarang mudik pakai mobil dinas / Tempo

Jakarta (CiriCara.com) – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau Jokowi sudah memastikan melarang para Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mudik menggunakan mobil dinas.

Pernyataan ini dikatakan sendiri oleh orang nomor satu di Jakarta tersebut. Seluruh PNS di dilingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak boleh menggunakan mobil dinas untuk mudik Lebaran. Pernyataan ini sudah tertulis dalam surat instruksi Gubernur kepada PNS.

“Siang tadi suratnya sudah keluar. Tidak boleh dipakai untuk mudik karena itu adalah mobil dinas,” kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Kamis 1 Agustus 2013 sore kepada sumber berita, Kompas.com.

Peraturan tersebut dikeluarkan setelah mempertimbangkan pelanggaran terhadap fungsi mobil dinas. Peraturan ini juga ditegaskan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Oleh karena itu, PNS DKI Jakarta harus mematuhi peraturan ini.

Sebelum Jokowi mengeluarkan peraturan, KPK meminta agar mobil dinas tidak digunakan untuk mudik oleh para penggunanya. Mobil tersebut hanya boleh digunakan untuk keperluan pelayanan masyarakat dan bukan untuk kepentingan pribadi.

Apabila mobil dan bahan bakar yang difasilitasi kantor digunakan untuk mudik maka para PNS bisa dianggap telah melakukan korupsi.

Hal yang sama juga ditegaskan oleh Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Eko Prasojo. Menurut pria tersebut, kendaraan dinas operasional hanya bisa digunakan untuk kepentingan dinas. Tidak hanya PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta Saja, seluruh jajaran pegawai negeri di Indonesia dilarang menggunakan kendaraan dinas untuk mudik lebaran 1434 H.

Penggunaan kendaraan dinas sudah diatur dalam Peraturan Menteri PAN Nomor 287/2005 tentang Pedoman Peningkatan Pelaksanaan Efisiensi, Penghematan, dan Disiplin Kerja. Peraturan ini mengatakan bahwa kendaraan dinas dibatasi dalam jam kantor saja. (RN)

Comment di sini