Kasasi Ditolak, Total Hukuman Gayus Jadi 30 Tahun Penjara

by
August 2nd, 2013 at 2:54 pm
Gayus Tambunan, Kasus Gayus. Gayus dipenjara

Gayus Tambunan – Ist

Jakarta (CiriCara.com) – Kasasi kasus pencucian uang dan penyuapan penjaga tahanan yang diajukan mafia pajak Gayus Tambunan ternyata sudah ditolak oleh pihak Mahkamah Agung (MA). Itu artinya, Gayus akan mendekam di penjara dalam waktu yang lebih lama.

Seperti diberitakan banyak media, sebenarnya putusan penolakan kasasi Gayus itu sudah diambil pada 26 Maret 2013 lalu. Namun, pihak MA sendiri baru mengumumkannya ke publik melalui situs resminya pada Jumat (2/8/2013) hari ini.

“Menolak kasasi Gayus Tambunan dan tidak menerima kasasi Jaksa Penuntut Umum (JPU),” tulis MA melalui situs resminya, Mahkamahagung.go.id pada Jumat (2/8/2013).

Dengan diambilnya putusan tersebut, kini Gayus Tambunan harus menjalani total massa hukuman penjara selama 30 tahun. Selain itu, Gayus Tambunan juga harus membayar denda yang mencapai Rp 1 miliar.

Baca juga: Gayus Tambunan Jualan Perlengkapan Bayi.

Berikut rincian vonis dan masa hukuman mafia pajak Gayus Tambunan:

1. Gayus terbukti bersalah dalam kasus keberatan pajak yang diajukan pihak PT Surya Alam Tunggal. Dalam kasus ini, Gayus divonis hukuman 12 tahun penjara.

2. Gayus terbukti bersalah dalam kasus penggelapan pajak PT Megah Citra Raya. Dalam kasus ini, Gayus mendapat hukuman penjara selama 8 tahun.

3. Gayus Tambunan terbukti bersalah dalam kasus pemalsuan paspor yang diduga digunakannya untuk pergi ke luar negeri selama dalam masa hukuman. Gayus pun divonis 2 tahun penjara.

4. Gayus Tambunan terbukti bersalah dalam kasus pencucian uang dan juga penyuapan petugas Rutan Mako Brimob. Gayus divonis 8 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar.

Hingga saat ini pihak Mahkamah Agung (MA) belum juga memberikan keterangan terkait keterlambatan perilisan putusan penolakan kasasi Gayus Tambunan itu. Padahal, putusan tersebut sudah diambil beberapa bulan yang lalu.

(YG)

Comment di sini