Tips Lebaran Asyik Walau Tidak Mudik

by
August 2nd, 2013 at 1:53 pm

CiriCara.com - Tidak terasa puasa sudah memasuki 7 hari terakhir sehingga tidak ada salahnya kita mulai memikirkan persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

mudik 2013, mudik

Mudik – Ist

Bagi Anda yang hendak menikmati hari raya dengan pulang ke kampung halaman demi berkumpul bersama keluarga tercinta, mungkin persiapan yang paling menyita perhatian adalah perjalanan mudik itu sendiri. Lantas bagaimana dengan Anda yang berencana menghabiskan hari raya di rumah sendiri?

Berikut ini tips yang bisa bermanfaat bagi Anda dan keluarga di rumah.

1. Kue lebaran

Tidak dapat dimungkiri, kue lebaran merupakan salah satu elemen penting dalam tradisi silaturahmi di hari raya. Apalagi yang lebih membahagiakan dari bercengkerama bersama keluarga dan kerabat sambil mencicipi kudapan istimewa yang lezat? Tentunya sebagai tuan rumah, Anda ingin menyajikan kudapan terbaik bagi para tamu yang bertandang ke rumah bukan?

Bila Anda cukup percaya diri dengan kemampuan mengolah bahan-bahan kue, tidak ada salahnya Anda mencoba membuatnya sendiri. Sebagai inspirasi agar jenis kue yang Anda buat terasa istimewa, buka kembali buku-buku kumpulan resep kue kering atau cari referensi resep di internet.

Namun apabila Anda merasa kemampuan Anda belum mumpuni, tidak ada salahnya menghubungi kerabat terdekat yang biasa menerima pesanan kue lebaran. Alangkah baiknya sebelum memesan Anda mencicipi contoh kue terlebih dahulu agar tidak kecewa dengan hasilnya.

2. Menu masakan lebaran

Elemen lain yang tidak kalah penting adalah menu masakan lebaran. Kita semua tahu bahwa menu khas lebaran yang menjadi mayoritas di Indonesia adalah ketupat dan opor ayam.

Namun bila di daerah asal Anda ada menu khas lebaran yang lain dari biasanya, tidak ada salahnya mencoba menyajikan hidangan tersebut. Kerabat yang bertandang ke rumah Anda pun pasti akan senang karena mendapat jamuan yang tidak biasa.

3. Antisipasi ditinggal pembantu

Menikmati hari raya merupakan hak semua orang, termasuk asisten rumah tangga yang membantu di rumah kita. Kita tidak bisa melarang mereka untuk pulang kampung dan tetap bekerja di rumah selama hari raya, persoalan tersebut perlu dibicarakan dari jauh hari. Biasanya solusi untuk hal ini adalah dengan menyewa pembantu infal walau ada kendala tarif yang mahal.

Bila Anda tidak ingin mengeluarkan anggaran lebih, Anda bisa memanfaatkan seluruh anggota keluarga yang ada untuk meringankan pekerjaan rumah tangga. Tegaskan bahwa menjaga rumah tetap bersih dan terawat merupakan tanggung jawab seisi rumah selama ditinggal oleh asisten rumah tangga.

4. Keamanan lingkungan

Keamanan di lingkungan sekitar rumah juga harus diperhatikan. Kita tidak tahu niat buruk macam apa yang mungkin terbersit dalam benak penjahat bila mengetahui hampir separuh kompleks ditinggal oleh penghuninya pulang kampung.

Kerja sama serta gotong royong di antara tetangga harus diutamakan. Apabila tenaga keamanan lingkungan jumlahnya kurang memadai untuk memantau keamanan kompleks selama 24 jam, tidak ada salahnya Anda berinisiatif mengerahkan warga untuk menerapkan sistem keamanan lingkungan secara bergantian.

Itulah persiapan yang dapat kita lakukan agar lebaran tetap asyik walaupun tidak mudik. Bagaimanapun juga menikmati hari raya merupakan hak semua orang. Kita sendirilah yang harus menyiasati agar hari raya terasa sempurna tanpa harus melanggar hak orang lain. Selamat berhari raya.

(tk/hp)

Comment di sini