Daftar Aplikasi Navigasi untuk Perjalanan Mudik

by
August 5th, 2013 at 1:21 pm

CiriCara.com – Mudik nampaknya sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Mereka berbondong-bondong untuk bisa pulang ke kampung halamannya agar bisa merayakan hari Lebaran bersama keluarga tercinta.

Untuk bisa kembali ke kampung halamannya, ada berapa alat transportasi yang digunakan para pemudik, di antaranya kapal laut, pesawat terbang, sepeda motor, mobil pribadi, dan bus. Namun, biasanya ada juga beberapa perusahaan yang mengadakan mudik gratis.

Lalu, apakah Anda akan mudik Lebaran pada tahun ini?

Para pemudik disarankan untuk tetap waspada pada tindakan kejahatan. Bukan hanya itu saja, bagi Anda yang mudik dengan kendaraan pribadi, sebaiknya juga mewaspadai kondisi jalanan. Pada saat mudik, kondisi jalan yang tak terduga seringkali terjadi, seperti macet.

Baca juga: Cara agar terhindar dari aksi pembiusan saat mudik

Agar perjalanan mudik Anda lancar, ada aplikasi yang mempermudah untuk bisa cepat sampai ke kampung halaman. Dilansir dari Tekno.Liputan6.com, berikut daftar aplikasi untuk mempermudah perjalanan mudik:

1. Google Maps

Google Maps - Ist

Google Maps – Ist

Bagi para pengguna smartphone, mungkin aplikasi yang satu ini sudah dimilikinya. Aplikasi yang berasal dari layanan peta Google dilengkapi dengan fitur navigasi. Pada lokasi tertentu, Google Maps akan menginformasikan kondisi lalu lintas terkini secara langsung.

2. Sygic

Sygic - Ist

Sygic – Ist

Sygic merupakan aplikasi yang bisa memberikan informasi lokasi dan navigasi melalui panduan suara. Aplikasi ini memakai sistem navigasi turn-by-turn yang diperbarui secara berkesinambungan dan tersedia secara gratis. Tampilan 3D tentunya bisa memudahklan Anda mengenai informasi lalu lintas secara nyata dan menampilkan batas kecepatan laju kendaraan maupun kecepatan kaera. Selain itu, yang menarik dari aplikasi ini yaitu para pengguna bisa menyimpan informasi peta yang diperlukan agar bisa diakses dalam posisi offline.

3. Waze

Waze - Ist

Waze – Ist

Aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store ini bisa mengabarkan saat ada polisi, kemacetan, dan kondisi jalanan yang menghambat perjalanan. Seperti aplikasi navigasi lainnya, Waze juga memberikan panduan navigasi suara, tampilan 3D, dan informasi temapat-tempat umum yang diperlukan para pengguna jalan.

4. Lewatmana.com

Lewatmana - ist

Lewatmana – Ist

Aplikasi lokal yang satu ini bisa menampilakan video streaming yang bisa menampilkan kondisi jalan secara nyata. Video streaming itu berasal dari pantauan CCTV milik Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menampilkan lokasi kantor polisi, SPBU, rumah sakit, apotek, halte, terminal, dan tempat lainnya yang biasa diperlukan para pemudik. Bagi Anda para pengguna BlackBery OS, BlackBerry 10, Android, Nokia, dan Windows Phone bisa mengunduhnya langsung di toko aplikasi online.

5. Wisepilot

Wisepilot - Ist

Wisepilot – Ist

Keunggulan aplikasi ini adalah penggunanya bisa meminta rute jarak jauh yang dibutuhkannya secara online dan mampu merekomendasikan tempat-tempat umum, seperti pom bensin terdekat. Selain itu, Wisepilot juga memiliki tampilan 3D, live traffic, dan kontrol kecepatan kamera maupun batas kecepatan lokasi. Namun sayangnya, aplikasi ini hanya bisa diunduh oleh para pengguna Android.

6. Nokia Here

Nokia Here - Ist

Nokia Here – Ist

Aplikasi buatan Nokia ini bisa menyediakan kabar lokasi yang diperlukan kebanyakan orang ketika datang ke wilayah baru. Selain itu, aplikasi ini juga bisa merekomendasikan tempat-tempat favorit yang biasa didatangi banyak orang. Namun, aplikasi ini hanya bisa ditemukan di perangkat Windows Phone 8 besutan Nokia.

Itulah daftar aplikasi navigasi untuk mempermudah perjalanan mudik. Dengan mengunduh salah satu aplikasi tersebut, tentunya perjalanan mudik Anda jadi lancar dan bisa segera bertemu degan keluarga dan kerabat yang ada di kampung halaman. Selamat mudik.

Baca juga: Jalur mudik 2013 yang perlu diwaspadai part 1

(NR)

Comment di sini