MUI: Insya Allah Tahun Ini Idul Fitri Bareng

by
August 5th, 2013 at 3:43 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menuturkan bahwa perayaan Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah bisa dilakukan secara serentak. MUI memprediksikan Idul Fitri atau Lebaran tahun ini jatuh pada tanggal 8 Agustus 2013, sama seperti yang diputuskan Muhammadiyah.

MUI, Majelis Ulama Indonesia

Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin – Ist

Menurut Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin, ketinggian hilal pada hari Rabu (7/8/2013) diperkirakan sudah mencapai di atas 2 derajat. Itu artinya, hari Kamis (8/8/2013) sudah masuk 1 Syawal atau Lebaran Idul Fitri.

“Insya Allah tahun ini kita Idul Fitrinya bareng,” kata Ma’ruf Amin saat konferensi pers di Gedung MUI, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2013).

Meskipun demikian, Ma’ruf mengatakan bahwa para ulama sudah sepakat akan tetap menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1434 Hijriah. Menurut Ma’ruf, sidang isbat tetap dilakukan karena agar sesuai dengan fatwa MUI.

“Bukan masalah boros anggaran atau apa,” ujar Ma’ruf, seperti dikutip dari detik.com.

Rencananya, sidang isbat akan digelar pada hari Rabu (7/8/2013) malam WIB. Sidang isbat akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama (MA) Suryadharma Ali dan diikuti oleh sejumlah tamu undangan dari ormas Islam di seluruh Indonesia

Meskipun Lebaran tahun ini diperkirakan sama, lanjut Ma’ruf, perbedaan masih bisa terjadi di tahun-tahun yang akan datang. Menurutnya, perbedaan antara pemerintah (Menteri Agama dan Nahdlatul Ulama) dengan Muhammadiyah masih belum menemui titik temu.

Ma’ruf pun meminta semua umat muslim di Indonesia untuk bisa menyikapi hal tersebut dengan bijak. “Jangan mudah terprovokasi,” ujarnya.

(YG)

Comment di sini