Pesan Bom Vihara: Kami Balaskan Jeritan Rohingya Arakan

by
August 5th, 2013 at 10:35 am

Jakarta (CiriCara.com) – Sebuah ledakan terjadi di Vihara Ekayana Jl Mangga II/8 Rt. 08/08 Kelurahan Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (4/8/2013) kemarin.

teroris di jakarta, teroris di indonesia, bom di vihara ekayana

Vihara Ekayana dijaga ketat polisi – Tribunnews.com

Benda yang diduga bom itu tiba-tiba saja meledak pada pukul 19.30 WIB dan melukai sejumlah jemaat vihara.

Dari hasil penyidikan diketahui bahwa pelaku memasang dua bom di tempat terpisah. Satu bom dipasang di dalam vihara dan yang satunya lagi berada di luar vihara. Namun bom yang meledak hanya satu, yakni yang berada di dalam vihara tepatnya di dekat pintu masuk.

Seperti dikutip dari Merdeka.com, dari ledakan tersebut ditemukan adanya lempengan sisa bom yang bertuliskan sebuah pesan dari pelaku pengeboman. “Lempengan bom tertulis, ‘Kami Balaskan Jeritan Rohingya Arakan’,” ujar sumber yang tidak disebutkan namanya itu.

Dari sisa ledakan, polisi juga menemukan pecahan HP, besi, kabel, dan baterai persegi. Diduga, barang-barang tersebut merupakan sisa dari alat pemicu ledakan tersebut.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya ada tiga jemaat yang diketahui mengalami luka akibat ledakan bom itu. Mereka adalah, Ling Ling (luka pada telinga), Elisa (luka pada telinga), dan Rice (luka ringan di bagian tangan).

Sementara itu, Ketua DPR Marzuki Alie menilai bahwa ledakan yang terjadi di Vihara Ekayana merupakan ulah para teroris yang ingin memecah belah masyarakat Indonesia. “Teroris tidak akan berhenti ganggu kedamaian umat,” ujarnya.

Demi mencegah perpecahan antarumat beragama di Indonesia, Marzuki Alie pun mendesak pihak terkait untuk segera mengungkap kasus pengeboman tersebut. Politisi Partai Demokrat itu berharap agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan hal tersebut.

Hingga kini pelaku pengeboman masih belum diketahui. Pihak kepolisian juga masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

(YG)

Comment di sini