Rayakan Lebaran Bareng Anjing, Wanita Malaysia Terancam Dipenjara

by
August 5th, 2013 at 9:10 am

Kuala Lumpur (CiriCara.com) – Petugas kepolisian Kuala Lumpur, Malaysia, menangkap Maznah Mohd Yusof (38 tahun) atas tuduhan menganggu keharmonisan agama setelah sebuah video yang memuat dirinya tengah berlebaran bersama anjing tersebar lewat YouTube.

menghina islam, lebaran

Maznah mengelus anjingnya – YouTube

Dalam video tersebut, Maznah terlihat merayakan Idul Fitri bersama sejumlah anjing. Dia membasuh kaki anjing, lalu mengajak mereka jalan-jalan di sekitar masjid dan memberi mereka biskuit.

Video berdurasi dua menit ini muncul di sejumlah halaman Facebook milik organisasi Islam nonpemerintah Malaysia. Dengan judul “Menghina Islam”, video kontroversial ini cepat tersebar di kalangan muslim Malaysia.

Baca juga: AS Tayangkan Iklan Tolak Film Anti-Islam

Polisi Malaysia mengamankan Maznah pada Rabu (31/7) sebelum akhirnya dilepaskan dengan uang jaminan pada Jumat (1/8).

Bila terbukti bersalah, Maznah bisa terpaksa tinggal di penjara selama maksimal 5 tahun.

Maznah sendiri menolak tudingan yang mengatakan bahwa dia menghina Islam lewat video tersebut. Dia mengaku hanya ingin mengingatkan semua umat muslim untuk merayakan Idul Fitri bersama sesama dan juga hewan.

Baca juga: Acara BBC Dituding Menghina Islam

Namun keberadaan anjing di dalam video tersebut menambah faktor kontroversial karena di dalam agama Islam, anjing dianggap sebagai hewan yang kotor dan harus dijauhi walau tidak sedikit muslim yang memelihara anjing di rumah mereka.

Latheefa Koya, pengacara Maznah, mengatakan kliennya sudah mengakui kepada pihak kepolisian bahwa dia bertanggung jawab terhadap pembuatan video yang dilakukan pada 2010 tersebut.

Lihat videonya di bawah ini:

(hp)

The Star

Comment di sini