Cara Aman Mudik dengan Sepeda Motor Saat Hamil

by
August 6th, 2013 at 4:36 pm

CiriCara.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri banyak masyarakat Indonesia yang berbondong-bondong untuk kembali ke kampung halamannya agar bisa merayakan hari Lebaran bersama keluarga tercinta. Kembali ke kampung halaman alias mudik ini memang sudah menjadi tradisi di Tanah Air menjelang Lebaran.

Ibu hamil mudik - Ist

Ibu hamil mudik – Ist

Segala jenis alat transportasi digunakan pemudik menuju kampung halamannya. Alat transportasi itu, seperti kapal laut, bus, pesawat terbang, kereta api, mobil pribadi, dan sepeda motor pribadi. Namun, nampaknya saat ini banyak pemudik yang menggunakan sepeda motornya untuk kembali ke kampung halaman.

Mudik dengan sepeda motor bukanlah suatu masalah. Tapi, bagaimana jika yang dibawa si pengendara motor itu adalah ibu hamil? Apakah ibu hamil boleh mudik menggunakan sepeda motor?

Dilansir dari Life.Viva.co.id, dr. Adi Sukrisno, Spesialis Kebidanan dari Rumah Sakit Pelni mengatakan bahwa pada dasarnya ibu hamil yang mudik dengan dibonceng menggunakan sepeda motor tidak apa-apa. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja?

Berikut cara aman mudik menggunakan sepeda motor saat hamil:

1. Istirahat yang cukup

Ibu hamil disarankan untuk istirahat yang cukup sebelum berangkat mudik. Selain itu, pada saat mudik sebaiknya langsung beristirahat jika merasa pegal atau kelelahan. Bagi para pengendara motor disarankan untuk beristirahat 3 atau 4 jam sekali untuk mencegah kelelahan, terutama untuk ibu hamil.

2. Jangan mengerem mendadak

Pengendara sepeda motor yang sedang membonceng ibu hamil disarankan untuk tidak melakukan rem mendadak. Hal tersebut bisa memicu datangnya kontraksi yang belum waktunya. Selain itu, benturan akibat rem mendadak juga bisa menyebabkan ari-ari atau plasenta terlepas. Untuk itu, bagi para pengendara yang membawa ibu hamil sebaiknya lebih berhati-hati.

3. Hindari jalanan rusak

Mudik naik motor - Ist

Mudik naik motor – Ist

Hindari juga jalanan rusak pada saat sedang melintas. Jalanan rusak berpotensi menyebabkan keguguran, khususnya bagi ibu hamil dengan usia kandungan kurang dari 20 minggu atau kira-kira 5 bulan.

4. Mengonsumsi makanan yang tepat

Ibu hamil yang akan mudik dengan menggunakan sepeda motor, jangan lupa juga untuk mengonsumsi asupan yang tepat guna menjaga tubuh agar tetap sehat. Konsumsilah makanan yang kaya akan asam folat, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Mengonsumsi makanan kaya akan folat untuk mencegah kelelahan.

Baca juga: Makanan dan Minuman Terlarang Bagi Ibu Hamil

5. Jangan mengangkat barang

Sebaiknya ibu hamil tidak perlu membawa barang-barang mudik. Jangan sampai mengeluarkan tenaga ekstra karena bisa memperburuk kondisi ibu hamil.

Itulah cara aman mudik dengan menggunakan sepeda motor saat hamil. Ibu hamil yang usia kandungannya lebih dari 20 minggu, alangkah baiknya meminta cadangan obat untuk menghilangkan kontraksi. selain itu, ketahuilah bahwa jika memang kondisi ibu hamil tidak memungkinkan untuk mudik menggunakan sepeda motor, maka jangan dipaksakan. Pilihlah alat transportasi yang lebih aman untuk ibu hamil.

Baca juga: Cara Sehat Saat Hamil

(NR)

Comment di sini