Darurat! Laut Jepang Terkontaminasi Radioaktif Fukushima

by
August 6th, 2013 at 8:45 am

Fukushima (CiriCara.com) – Badan pengawas nuklir Jepang mengungkapkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima tengah menghadapi situasi “darurat” setelah air tanah yang mengandung zat radioaktif merembes hingga ke laut.

pltn fukushima, nuklir, bahaya nuklir

PLTN Fukushima terbakar pada 2011 – Ist

Air tanah yang melewati reaktor nuklir yang rusak masuk kembali ke tanah lalu merembes hingga masuk ke perairan di sekitar kawasan pembangkit listrik.

Kepala Otoritas Pengaturan Nuklir (NRA) Jepang Shinji Kinjo mengatakan kadar radioaktif yang terkandung berada jauh di atas toleransi.

Bahkan mereka memeringatkan bahwa bila tidak ada solusi yang ditemukan, Samudera Pasifik akan terkontaminasi radioaktif dari PLTN Fukushima.

Menurut laporan BBC, kontaminasi air tanah ini telah terjadi sejak beberapa bulan yang lalu, namun pengelola PLTN, Tokyo Electric Power Co (TEPCO) sepertinya belum menemukan cara untuk mengatasinya.

NRA sendiri menyayangkan respons dari TEPCO yang terkesan lamban saat menghadapi masalah tersebut.

Saat ini para teknisi TEPCO telah membangun pembatas di bawah tanah untuk mencegah air tanah masuk ke reaktor-reaktor PLTN yang rusak. Tetapi air yang terkontaminasi di sekitar PLTN semakin meninggi.

Air yang terkontaminasi ini diperkirakan akan mencapai permukaan dalam beberapa pekan. Untuk mengatasinya, diperlukan alat untuk memompa air keluar dari reaktor dan memindahkannya ke tempat penampungan.

Sebanyak 1.000 tangki penampungan sudah dipersiapkan dan sebagian besar telah terisi air.

PLTN Fukushima mengalami kerusakan berat ketika bencana gempa bumi dan tsunami melanda Jepang pada 2011.

TEPCO selaku pengelola PLTN mendapat banyak kecaman keras karena tidak sanggup mempersiapkan diri ketika bencana melanda sehingga reaktor yang rusak mengalami kebocoran.

Baru-baru ini muncul sejumlah foto sayuran yang diklaim sebagai bukti bahwa zat radioaktif dari PLTN Fukushima telah mencemari kawasan perkebunan di sekitar lokasi pembangkit listrik.

(hp)

BBC

Comment di sini