Kenali 5 Hal yang Menyebabkan Depresi

by
August 6th, 2013 at 1:09 pm

CirCara.com – Pernahkah Anda merasa depresi? Depresi merupakan kondisi emosional berkepanjangan yang dialami seseorang. Depresi bisa meyebabkan aktivitas seseorang terganggu.

Wanita depresi - Ist

Wanita depresi – Ist

Gejala depresi yang biasa dialami banyak orang, antara lain perasaan sedih, rasa lelah berlebihan setelah aktivitas, hilang minat dan semangat, malas beraktivitas, dan ganguan pola tidur. Depresi yang melanda seseorang terlalu lama tentunya bisa membahayakan kesehatannya.

Bahkan, ada seseorang yang ingin mencoba bunuh diri dikarenakan depresi. Alangkah baiknya, depresi itu diminimalisir saja dan Anda harus selalu berpikir positif.

Baca juga: 4 Cangkir Kopi Per Hari Bisa Cegah Depresi

Agar tak depresi, Anda harus mengetahui dahulu penyebab depresi. Ketahuilah bahwa hal sepele, seperti tempat tinggal dan mengonsumsi obat-obatan ternyata bisa meyebabkan seseorang depresi. Selain itu, masih ada hal lain yang menyebabkan seseorang depresi.

Berikut 5 hal penyebab depresi:

1. Kurang tidur

Kurang tidur bukan hanya bisa membuat Anda jadi cepat tua, tapi juga bisa membuat depresi. Dilansir dari Tempo.co, dr Matthew Edlund, Diektur Center for Circadian Medicine mengatakan bahwa kurang tidur bisa membuat otak jadi tak memiliki waktu untuk memperbaiki sel-sel yang rusak sehingga mengganggu kinerja otak. Kinerja otak merupakan salah satu faktor penyebab depresi.

2. Merokok

Merokok bisa menyebabkan seserang depresi atau depresi membuat seseorang jadi merokok.Nikotin, zat yang ada di dalam rokok bisa mempengaruhi aktivitas saraf dalam otak sehingga meningkatkan kadar dopamin dan serotonin yang berperan sebagai obat antidepresan. Risikonya jika seseorang tidak merokok tubuh akan kekurangan dopamin dan serotonin yang mengakibakan depresi.

3. Berlebihan menggunakan media sosial

Pria depresi - Ist

Pria depresi – Ist

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa terlalu sering menggunakan media sosial berhubungan dengan depresi, terutama pada remaja. Kenapa? Hal tersebut dikarenakan kurangnya interaksi dengan orang lain di kehidupan nyata. Mereka yang terlalu sering menggunakan media sosial cenderung berpikir tidak realistis di kehidupan nyata.

4. Setelah menonton tayangan televisi atau film

Menurut seorang profesor komunikasi di Ohio University, orang bisa mengalami stres saat atau setelah menonton tayangan karena merasakan ikatan yang kuat dalam peran yang dimainkan. Jika tayangan itu selesai, maka mereka cenderung merasa depresi.

5. Telalu banyak pilihan

Saat seseorang menghadapi banyak pilihan, mereka mungkin saja mengalami depresi. Misalnya, bingung dalam memilih makanan yang tepat sesuai kebutuhan. Hal tersebut bisa menjadi sangat melelahkan atau membuat seseorang merasa depresi.

Itulah 5 hal yang menyebabkan depresi. Jika yak ingin mengalami depresi, maka hindari hal-hal tersebut. Anda harus menjalani hidup dengan selalu berpikir positif dan semangat. Hal tersebut tentunya bisa membawa dampak baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Baca juga: 5 Cara Mudah Menghilangkan Depresi

(NR)

Comment di sini